Sindikat Penggelapan Puluhan Mobil Di Riau Berhasil Diungkap

Sindikat Penggelapan Puluhan Mobil Di Riau Berhasil Diungkap

RIAUTERBIT.COM - Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Riau mengungkap sindikat penggelapan puluhan kendaraan roda empat jenis minibus berbagai merek.

"Total ada 41 mobil yang digelapkan oleh para pelaku," kata Direktur Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Surawan di Pekanbaru, Selasa.

Surawan menuturkan untuk sementara petugas berhasil mengamankan tiga orang pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Ketiga pelaku yang diamankan pada pekan lalu tersebut masing-masing berinisial DE (40), AK (47) dan DG (19). DE yang merupakan satu-satunya wanita itu diduga sebagai otak sindikat tersebut.

Dari penangkapan tersebut, polisi masih memburu dua pelaku lainnya yang kini telah ditetapkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO).

Terungkapnya kasus penggelapan mobil tersebut merupakan hasil pengembangan laporan tiga warga Pekanbaru yang menjadi korban para tersangka.

Dalam laporannya, tiga korban yang masing-masing menyewakan mobil dalam jumlah berbeda-beda hingga total 41 mobil tersebut merasa ditipu oleh tersangka.

"Jadi tiga tersangka ini punya peran masing-masing. Tersangka DE menjadi pencari dan melobi pemilik mobil untuk dirental," ujarnya.

Kepada korban, mereka mengaku sebagai pengusaha yang bergerak dibidang sewa menyewa kendaraan dan akan memberikan keuntungan kepada pemilik kendaraan. Modus itu dilakukan tersangka selama rentang September-Desember 2016.

Setelah mobil didapat, dua tersangka liannya mulai bertindak sebagai penggadai kendaraan.

"Rata-rata mobil (yang mereka sewa) digadaikan (oleh tersangka). Sebagaian besar digadaikan di luar Kota Pekanbaru," kata Surawan.

Menurut pengakuan tersangka, mobil itu digadai di Provinsi Jambi. Polisi masih terus mendalami kasus tersebut, termasuk menemukan puluhan mobil yang telah digadai dan masih belum ditemukan seluruhnya tersebut.

Surawan mengatakan sejauh ini pihaknya baru menemukan lima dari 41 mobil yang digelapkan tersebut. Ke limanya jenis Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Toyota Innova.(ant)

Berita Lainnya

Index