Balimau Kasai di Batu Belah Kedatangan Ketua AMPG Kampar

Dibaca: 7709 kali  Kamis,18 Juni 2015
Balimau Kasai di Batu Belah Kedatangan Ketua AMPG Kampar
Ket Foto : Amir Lutfi

BANGKINANG-(Riauterbit.com)-Datangnya bulan suci Ramadhan 1436 H disambut suka cita oleh seleuruh umat islam, tak terkecuai di Kabupaten Kampar. Seperti biasanya setiap memasuki puasa dilaksanakan Balimau Kasai yang dipusatkan di Desa Batu Belah, kacamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Kamis (17/6/2015). Namun gelaran acara balimaua Kasai tahun ini kurang meriah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Balimau Kasai ini merupakan kegiatan keagamaan yang sudah diselenggarakan sejak dahulu kala, dimana warga beramai-ramai turun ke Sungai Kampar. Hal ini seperti yang disampaikan leh Ajisman selaku ketua panitia Balimau Kasai 2015.

"Di sini pusat acara Balimau Kasai sejak zaman dahulu, sejak 1982," ujarnya dalam sambutannya.

Tambah Ajisman, Balimau Kasai secara tradisi telah menjadi agenda rutin yang diselenggarakan di seluruh desa di kabupaten Kampar, namun masyarakat telah mengenal Desa Batu Belah sebagai pusat Balimau Kasai. Meski kurang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Kampar, Masyarakat tetap antusias mengelar dan menhadirinya, salah satunya mempererat tali sialaturahmi antar sesama sanak famili,  keluarga dan warga.

Dalam acara dijadwalkan akan dihadiri Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, namun karena sesuatu hal yang tak bisa ditinggalkan oleh Plt Gubernur batal hadir, kehadiran Andi diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Drs H. Darius Husin MM.

Acara Balimau Kasai ini juga dihadiri oleh Kader Golkar (ketua AMPG) yang juga Pengusaha muda Kabupaten Kampar Amir Luthfi, anggota DPRD Kabupaten Kampar, Anggota DPRD Riau Nasril yang juga merupakan putra asli Batubelah, H Zulkili Harun Kepala Dinas Bina Marga Dan Pengairan Kota Pekanbaru selaku yang mewakili Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT.

Dalam sambutannya, Darius selaku mewakili Plt Gubernur Riau mengatakan,acara balimau kasai ini bukan hanya milik kabupaten Kampar tapi sudah menjadi ivent Provinsi Riau yang telah menjadi agenda tahunan syarat akan makna dan nila.

"Sebelum puasa kita mesti bermaaf-maafan antar sesama, sambut puasa dengan hati yang bersih, siapkan diri lahir dan bathin, karena ibadah puasa diperlukan jiwa dan hati yang ikhlas kepda ALLAH SWT,"ujarnya.

Sementara dalam sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri S Ag yang diwakili oleh Firman Wahyudi SE berpesan kepada hadirin dan segenap kamu muslim secara umum menyemarakkan bulan puasa dengan ibadah-ibadah.

"Kegiatan balimau kasai beberapa tahun yang lalu sangat meriah, namun kini kurang semaraka, hal ini disebabkan oleh perbendaan cara pandang kita pada kigiatan balimau kasai ini, namun sebenarnya jika kita melihat kegiatan ini secara utuh justru akan kita temukan manfaat yang banyak.

"Balimau kasai ini dahulu merupak momen silataruhmi yang sangat penting dan berharga,"katanya menyikapi kurangnya antusiasme warga pada acara balimau kasai tahun ini.

Nasril sangat mengapresiasi dukungan sejumlah pihak untuk mensukuses acara balimau Kasai, baik secara ribadi maupun secara kelembagaan yang diwakilinya.

"Setiap kabupaten mempunyai tradisi balimau kasai, ada yang namanya Petang Megang di Pekanbaru, Potang Mamogang di Pelelawan dan di Kabupaten-Kabupaten lainnya di Provinsi Riau,"tegas pria yang akrab disapa Ine ini.

Imbuh Nasril, diri selaku salah seorang masyarakat Batubelah memohon kepda Pemerintah Kabupaten Kampar mendukung acara balimau kasai pada tahun-tahun ke depannya, kita harus menjauhi pandangan bahwa kegiatan ini, hanya karena menghawatirkan bercampurnya lelaki dan perempuan yang bukan muhrimnya.

"Mari kita rubah persepsi buruk kita terhadap balimau kasai ini, jangan hanya karena bagiab yang sangat kecil saja, kita ingin meniadakan warisan biday luluhur yang telah ada sejak ribuan tahun lamanya," ungkap Ine dalam sambutannya. (juf/sk)
 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »