Panwascam Siak Hulu Kampar Lakukan Sosialisasi Pengawasan di Ponpes IBS Kubang Jaya

Dibaca: 3977 kali  Rabu,06 Desember 2017
Panwascam Siak Hulu Kampar Lakukan Sosialisasi Pengawasan di Ponpes IBS Kubang Jaya
Ket Foto : Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Siak Hulu saat sosialisasi di Pondok Pesantren Al Ihsan Boarding School (IBS). Rabu (6/12/2017).

RIAUTERBIT.COM - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar melakukan sosialisasi mengenai pengawasan partisipatif dalam Pemilu. Sosialisasi ini dilakukan di hadapan para guru dan murid Pondok Pesantren Al Ihsan Boarding School (IBS) desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kampar. Rabu (6/12/2017).


Ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Panwaslu Siak Hulu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait tugas-tugas Panwaslu dalam menegakkan integritas dan kredibilitas penyelenggara Pemilu.


Dikatakan Witra Yeni, salah seorang Pimpinan Panwascam Siak Hulu bahwa mereka dituntut untuk lebih gencar dalam mensosialisasikan Pengawasan Pemilu.


“Berdasarkan pasal 106, 107, 108 tugasnya sangat banyak, maka kami harus lebih aktif dalam melakukan sosialisasi pengawasan pemilu, kami harus lebih semangat lagi, ujar Witrayeni dalam uraiannya di hadapan para guru.


Selain itu, lanjut Witra, pihaknya juga memberikan pemahaman mengenai langkah-langkah dan upaya yang optimal untuk mencegah potensi pelanggaran dalam tahapan Pilgubri 2018 dan Pemilu 2019 ke depan.


"Bagaimana cara melapor bila melihat pelanggaran, itu yang akan kita sosialisasikan kepada media massa, masyarakat, pramuka, ormas dan BEM dan tokoh masyarakat," urainya.


Dari pengalaman yang sudah-sudah, Witra mengakui, bahwa pengawasan Pemilu tidak bisa dilakukan secara maksimal hingga ke pelosok-pelosok desa tanpa bantuan masyarakat yang berperan aktif.


"Panwaslu tidak dapat mengawasi potensi pelanggaran pemilu hingga ke pelosok daerah, di situ kita butuh keterlibatan masyarakat, untuk peduli terhadap terciptanya pemilihan kepala daerah dan Pemilu yang bersih dan berkualitas," tandas perempuan berdarah Bugis ini.(***)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »