Cegah Karlahut, Pangdam Tawarkan Solusi Bertanam Padi Dan Jagung

Dibaca: 7548 kali  Minggu,05 Februari 2017
Cegah Karlahut, Pangdam Tawarkan Solusi Bertanam Padi Dan Jagung
Ket Foto : Kebun Jagung

RIAUTERBIT.COM - Pangdam I Bukit Barisan Mayjend TNI Lodewik Pusung mendorong Pemerintah Kabuparen Kampar menjadi daerah yang swasembada pangan dengan melakukan penanaman padi varietas gogo dan jagung diwilayah tersebut guna mencegah Kebakaran Lahan dan Hutan.

"Penanaman padi gogo dan jagung dilahan ini merupakan salah satu bentuk pencegahan akan terjadinya kebakaran lahan dan hutan," kata Pangdam I/BB Mayjend TNI Lodewik Pusung lewat surat elektroniknya kepada antara, Sabtu.

Menurut Pangdam I/BB Mayjend TNI Lodewik Pusung dalam beberapa tahun lahan di pantai cermin ini selalu mengalami kebakaran yang hebat.

Untuk itu dengan program penanaman ini selain dapat mencegah Karlahut juga membantu program pemerintah dalam swasembada pangan.

"Bukan hanya padi dan jagung yang akan di tanam namun berbagai jenis tanaman buah akan ditanam di lahan ini," ucap Pangdam I/BB .

Mayjend TNI Lodewik Pusung menjelaskan TNI memiliki kewajiban untuk membantu mensukseskan program swasembada pangan di wilayah tugas. Karena itu apapun upaya akan terus dilakukan, baik membantu penyediaan lahan, penyuluhan hingga komitmen untuk mengawal proses distribusi bantuan tiba di daerah yang menerima.

"Kami ajak Pemkab melaksanakan program pemerintah dengan menanaman padi gogo dan jagung dilahan TNI AD milik Korem 031/Wirabima di Desa Pantai Cermin  Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar," katanya.

Ia menilai seperti saat ini lahan milik TNI AD  ini di Desa Pantai Cermin  Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, bisa ditanam padi gogo seluas 207 Hektare.

"Diharapkan dengan masa panen sekitar enam bulan kedepan sudah bisa menghasilkan," ucapnya.

Selain itu ada juga lahan jagung seluas 25 hektare.

"Dengan masa panen sekitar 2,5 bulan sudah bisa memberikan pendapatan petani," ujarnya menerangkan.

Karena itu sebut dia lagi untuk membantu dan mendorong pencapaian swasembada, TNI dalam pengolahan lahan dan penanaman ini bisa berbagi.

"Misalkan untuk padi gogo dibagi kepada masing-masing  Kodim jajaran Korem 031/Wirabima dan penanaman jagung diserahkan kepada Batalyon Infanteri 132/Bima Sakti," sarannya.

Ia menambahkan gerakan menuju swasembada pangan ini sudah ditandai dengan dimulainya penanaman perdana padi gogo dan jagung yang dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, Pangdam I/BB Mayjend TNI Lodewik Pusung, Danrem 031/Wirabima Brigjend TNI Nurendi,M.Si ( Han ), Kapolda Riau Irjen Zulkarnain A, Perwakilan Kemen LHK,PJ bupati Kampar serta para undangan lainnya baik dari unsur TNI, Polri serta pemkab. (ant/riauterbit)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »