PILKADA PEKANBARU 2017

Tak Bisa Mencoblos, Pemilih Pemula Banyak Tak Punya e-KTP

Dibaca: 5175 kali  Jumat,16 Desember 2016
Tak Bisa Mencoblos, Pemilih Pemula Banyak Tak Punya e-KTP
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Demi menyalurkan hak suaranya pada pemilihan Wali kota Pekanbaru pada tahun 2017 mendatang, pemilih pemula yang notabenenya adalah siswa dan siswi kelas tiga pada Sekolah menengah atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menuai beberapa kendala.
 
Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Kamis 15 November 2016.
 
Kendala yang dihadapi pemilih pemula adalah belum memiliki identitas berupa kartu tanda penduduk (KTP) dan kebanyakan dari pemilih pemula belum melakukan perekaman e-KTP.
 
"Memang Pilwako masih lama, maka dari itu kita bersama Disdukcapil dan KPU bekerja sama untuk mencarikan solusi untuk persoalan ini," jelas Jamal.
 
Disamping itu, untuk mencetak E-ktp saat ini Disdukcapil sendiri juga kehabisan blangko e-ktp, sehingga untuk melakukan pencetakan pihaknya tidak bisa.
 
"Kita berharap Disdukcapil bisa memberikan surat keterangan bahwa si pemilih pemula sudah cukup umur dan ktpnya dalam proses pencetakan, sehingga semua pemilih pemula bisa menyalurkan hak suaranya," jelas Jamal lagi.
 
Untuk memberikan pengetahuan tentang politik kepada pemilih pemula pihaknya juga memberikan ruang dan tempat kepada KPU untuk bersosialisasi kepada seluruh siswa.
 
"Dengam begitu, mereka mengetahui bahwa satu suara yang disalurkan akan menentukan masa depan kota Pekanbaru," tutupnya.(rsc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »