Kerajinan Seni Teknik De Coupage Sudah Ada Lho di Pekanbaru

Kerajinan Seni Teknik De Coupage Sudah Ada Lho di Pekanbaru
Kerajinan Seni dengan Teknik De Coupage

RIAUTERBIT.COM- Kerajinan Seni dengan Teknik De Coupage ternyata sudah ada di Pekanbaru. Hasilnya bisa berupa tas dan dompet dari anyaman akan terlihat cantik serta botol kaca bisa jadi hiasan yang indah.

"Seni de coupage adalah teknik seni menempelkan tisu atau kertas atau kain ke suatu media. Medianya bisa apa saja, mau dompet dari anyaman, botol gelas, kaca, kayu semuanya bisa dikreasikan menggunakan tisu," kata Pengrajin seni de coupage, Jackie Henriani di Pekanbaru, Sabtu.

Jackie yang menamakan usahanya JackieHZ Craft ini adalah salah satu peserta pada Festival Industri Kreatif Riau 2016 pada 17 Desember. Festival ini terselenggara atas kerjasama Kantor Berita Antara Biro Riau ini, Bank Indonesia Provinsi Riau, Sinarmas Grup. Kegiatan berlokasi di Pelataran Parkir BI Perwakilan Riau Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

De Coupage merupakan teknik kerajinan menempel asal Perancis. Oleh karena itu bahannya juga spesial yakni tisunya dari Eropa yang ada bergambar, bukan tisu biasa untuk makan atau lainnya. Kemudian bahan pembuatannya lainnya juga dibeli baru, bukan dari barang bekas.

"Di Kota besar ini lagi unik-uniknya, di Pekanbaru belum umum," tambahnya.

Dia mengatakan usahanya ini berawal dari hobi, namun kemudian banyak teman yang tertarik. Meski begitu dia masih membuat secara eksklusif, terbatas atau tidak banyak.

"Tergantung permintaan, kalau banyak saya buat," imbuhnya yang keseharian menjadi Ibu Rumah Tangga ini

Dengan teknik itu, dompet pandan biasa yang tradisional bisa menjadi dompet bagus dan bisa dibawa ke pesta bagi ibu-ibu. Jika medianya botol, kaca, atau kayu akan bisa menjadi hiasan.

Untuk dompet dan tas serta pajangan dengan seni de coupage ini dia menjual dengan harga mulai dari Rp180 ribu hingga Rp300 ribu.

Kesehariannya, dia hanya memasarkan lewat media sosial facebook ataupun instagram dengan nama JackieHZ Craft. Beralamat di Jalan Cemara, Gobah, Pekanbaru.(*)

Berita Lainnya

Index