PILKADA KAMPAR 2017

Usai Dilantik PPK, 164 PPDP di Siak Hulu Langsung di Bimtek Divisi Pemutahiran Data

Usai Dilantik PPK, 164 PPDP di Siak Hulu Langsung di Bimtek Divisi Pemutahiran Data
Foto: Kanit Intel Polsek Siak Hulu, Danramil Siak Hulu, dan Camat Siak Hulu dalam acara pelantikan PPDP. Minggu, (4/9/2016).

RIAUTERBIT.COM - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Siak Hulu melantik dan mengambil sumpah Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kampar Tahun 2017 se-Kecamatan Siak Hulu. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan di aula UPTD Kecamatan Siak Hulu, Minggu, (4/9/2016).
 
Ada 164 orang petugas PPDP yang dilantik dan diambil sumpah sama dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di kecamatan Siak Hulu. Pelantikan dan pengambilan sumpah dipandu oleh Ketua PPK Kecamatan Siak Hulu, Edi Efendi.
 
Hadir pada kesempatan tersebut Camat Siak Hulu Azhar, Panwascam Siak Hulu, Koramil Siak Hulu, Polsek Siak Hulu yang diwakili Kanit Intel Polsek Siak Hulu Noviardi, SH dan  seluruh anggota PPK dan staf, Ketua PPS dan anggota se-Kecamatan Siak Hulu.
 
Bersamaan dengan pelantikan ini iuga dilanjutkan dengan bimtek (bimbingan teknis) pemuktahiran data pemilih bagi PPS dan PPDP dengan pemateri, Ketua PPK Edi Efendi, dan Anggota PPK Siak Hulu Fitrah, S.Kom sebagai divisi pemutahiran data.
 
Ketua PPK Siak Hulu Edi Efendi pada kesempatan ini mengungkapkan bahwa  posisi PPDP dalam mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kampar tahun 2017 ini sangat strategis dimana PPDP berperan penting dalam meningkatkan kualitas pilkada (pemilihan kepala daerah).
 
Oleh sebab itu, bimtek ini juga sangat penting dalam upaya memberikan pemahaman kepada PPDP dalam menjalankan tugas pemuktahiran data ini. "Bapak ibu (PPDP dan PPS) adalah ujung tombak dalam mensukseskan pilkada ini," ujarnya.
 
"Untuk itu mari kita bersama-sama bersatu padu dalam mensukseskan pilkada di Kecamatan Siak Hulu. Kesuksesan tidak bisa diraih oleh satu orang, tapi perlu kebersamaan. Untuk itu mari kita berkomitmen mensukseskan Pilkada," ajak Edi.
 
Di dalam bimtek disampaikan materi tentang pemuktahiran data. Dimana tugas PPDP untuk coklit (pencocokan dan penelitian) berlangsung  dari 8 September hingga 7 Oktober 2016. Setelah itu hasilnya disampaikan ke PPS dan PPS membantu PPS menyusun Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP) 8-21 Oktober 2016. Selanjutnya PPS melakukan rekapitulasi DPHP dan menyampaikan rekapnya ke PPK.

Dalam kesempatan pelantikan PPDP ini, Kanit Intel Polsek Siak Hulu Noviardi, SH juga memberi sedikit pandangan agar anggota PPDP dapat bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya.

Diungkapkan Noviardi, SH kepada riauterbit.com, sangat diperlukan kehati-hatian dalam proses penyelenggaraan pemilihan di kecamatan Siak Hulu, sebab, di beberapa tempat di Kecamatan Siak Hulu diprediksi sangat rawan terjadi konflik. Sebut saja misalnya di perbatasan Kampar dengan kota Pekanbaru.

Sebagaimana diketahui, kecamatan Siak Hulu adalah salah satu kecamatan yang langsung berbatasan dengan wilayah kota Pekanbaru.

“Potensi konfliknya di perbatasan, di desa Tanah Merah Sampai sekarang belum ada keputusan, keputusan maksudnya disini untuk yang berhak terdaftar di pemilihan Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru” ujar Noviardi.

Noviardi menambahkan, ia dan jajaran polsek Siak Hulu siap menjalankan instruksi dari Kapolres dan Kapolsek Siak Hulu jika terjadi konflik.
 
Proses pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah PPDP serta bimtek pemuktahiran data ini berjalan lancar. Diharapkan pada 8 September mendatang PPDP sudah melakukan coklit data pemilih di lapangan.(Lam)

Berita Lainnya

Index