Panglima: TNI Akan Prioritaskan Pengamanan Pulau Terluar

Panglima: TNI Akan Prioritaskan Pengamanan Pulau Terluar
Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

RIAUTERBIT.COM-Panglima TNI  Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan jajarannya memfokuskan pengamanan pulau terluar dan daerah perbatasan negara.

"Perkembangan strategis regional kita amati. Kita lakukan tadi perkembangan situasi terakhir yang jadi prioritas pulau-pulau terluar dan terdepan di daerah perbatasan," ujar Gatot dalam jumpa pers hasil rapat pimpinan 2015 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (18/12/2015).

Gatot berjanji hal itu harus menjadi tuntas. Tentunya dilakukan dengan sinergisitas jajaran angkatan bersenjata.

"Tahun ini harus kita tuntaskan. Semua harus kita tata kemudian komunikasi terintegrasi antara staf. Tahun ini semua yang terjadi di tahun ini AL bisa lihat, AD bisa lihat, AU bisa lihat," imbuh dia.

"Ya harus kita terima. Kita berbatasan sama Malaysia, Thailand, dan Filipina. Tahun ini harus tuntas komunikasi dan kendali saling terintegrasi. Daerah perbatasan juga nggak begitu berpengaruh pada MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)," paparnya.

Gatot mengatakan penyikapan MEA sudah ada aturan yang jelas. Warga negara asing yang masuk ke Indonesia harus melalui imigrasi. Gatot menyebut tidak akan melakukan penambahan pasukan di daerah perbatasan terkait penjagaan wilayah perbatasan.

"Semua harus lewat imigrasi lewat pos-posnya. Perbatasan kita lakukan patroli sama-sama. Kordinasi semua, yang dipentingkan sudah ada jalan. Nah jalan ada sentra ekonomi dan perkebunan, jadikan hidup. Patok-patok juga jadi nggak bergeser. Perbatasan ini nggak perlu ada penambahan pasukan. Sistem operasinya yang kita tingkatkan," ujar Gatot. (dtc)

Berita Lainnya

Index