Bos Walt Disney Mengundurkan Diri

Bos Walt Disney Mengundurkan Diri
ilustrasi internet

LOS ANGELES -- Bos Walt Disney Co Robert Iger akan mengundurkan diri sebagai chief executive officer (CEO), Selasa (26/2). Jabatan tersebut akan diserahkan kepada kepala Disney Parks Bob Chapek. "Perusahaan menjadi lebih besar dan lebih kompleks hanya dalam 12 bulan terakhir," kata Iger merujuk pada pembelian rumah produksi  21st Century Fox dan peluncuran layanan tontonan streaming seperti Disney+ tahun lalu.

 

Disney mengatakan, Iger masih mempertahankan peran penting di perusahaan. Dia akan memangku jabatan ketua eksekutif dan mengarahkan bagian kreatif perusahaan hingga kontraknya berakhir pada 31 Desember 2021. "Saya merasa bahwa dengan basis aset yang ada dan dengan strategi kami yang digunakan, saya harus menghabiskan waktu sebanyak mungkin di sisi kreatif bisnis kami," ujar Iger menanggapi posisi barunya.

 

Iger telah menjadi CEO Disney sejak 2005. Dia telah memimpin perusahaan melalui pengembangan dan peluncuran layanan streaming Disney + yang diluncurkan pada November. Dia pun mengembangkan perusahan dengan serangkaian akuisisi, termasuk studio animasi Pixar pada 2006, Marvel pada 2009, dan waralaba "Star Wars" Lucasfilm pada 2012.

 

Sedangkan Chapek pengganti Iger akan menjadi CEO ketujuh dalam perjalanan rumah produksi itu selama hampir 100 tahun. Dia sebelumnya menjabat sebagai ketua Disney Parks, Experiences, and Products. Dalam peran baru Chapek, perusahaan mengatakan, dia akan secara langsung mengawasi semua segmen bisnis dan fungsi perusahaan Disney. Dia bergabung dengan Disney pada 1993.

 

Sebelumnya, sebagai ketua divisi taman hiburan Disney, Chapek mengawasi segmen bisnis terbesar Disney. Salah satunya pembukaan taman hiburan dan resor pertama Disney di China daratan dan penciptaan wahana Star Wars: Galaxy's Edge di Disneyland dan Walt Disney World.(rep)

Berita Lainnya

Index