Fadli Zon Minta Lapas di Indonesia Seketat Gunung Sindur

Dibaca: 6865 kali  Jumat,12 Mei 2017
Fadli Zon Minta Lapas di Indonesia Seketat Gunung Sindur
Ket Foto : Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon (memegang mik) didampingi petugas Lapas Gunung Sindur memberikan keterangan usai meninjau Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Rabu (10/5).

RIAUTERBIT.COM – Pascakaburnya ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pekanbaru, Riau beberapa waktu lalu, Wakil Ketua DPR, Fadli Zon meninjau Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Rabu (10/5) kemarin.

Dalam kunjungan tersebut Fadli mengaperesiasi sistem keamanan di lapas sehingga mustahil untuk melarikan diri. Dia pun meminta agar sistem keamanan serupa diterapkan di lapas-lapas di Indonesia.

“Saya sudah lihat tadi ke dalam itu pagar sampai lapis tiga. Saya kira tidak mungkin ada yang bisa kabur dari sini dan diharapkan sistem pengamanan tersebut diterapkan di seluruh lapas di Indonesia untuk mencegah tahanan kabur," kata Fadli Zon, Rabu (10/5).

Menurutnya, Lapas Gunung Sindur mempunyai sistem keamanan super maksimum. Lapas ini memiliki tembok yang tinggi dan di setiap sudut dipasangi kamera pengawas CCTV untuk memantau pergerakan setiap warga binaan.

"Saya tadi juga lihat di ruang kontrolnya itu setiap sudut ada CCTV. Di toilet ada juga, ya tapi tidak seluruh bagian toilet. Artinya di blok-blok khusus semua pergerakan dan aktivitas napi terlihat,” jelasnya.

Dengan begitu, sangat mustahil jika ada warga binaan yang dapat melarikan diri dari Lapas yang berkapasitas 1.300 warga binaan itu seperti kasus yang terjadi di Lapas Pekanbaru, Riau.

"Melihat secara langsung fisik tempat ini impossible-lah kalau ada orang bisa lepas dari sini kecuali memang ada oknum yang sengaja membukakan pintu. Tapi saya kira di sini tidak ada," tutupnya.


Vento Saudale/JAS

BeritaSatu.com
 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »