Peretas Situs Tiket.com Juga Bobol Situs Polri dan Gojek

Dibaca: 4210 kali  Minggu,02 April 2017
Peretas Situs Tiket.com Juga Bobol Situs Polri dan Gojek
Ket Foto : Bobol Situs. Karo Penmas Polri Brigjen Rikwanto (kanan) dan penyidik Dit Cyber AKBP Idham Wasiadi menjelaskan modus pembobolan tiket.com. Tiga tersangka menunduk dibelakang. (Beritasatu.com/Farouk Arnaz)

RIAUTERBIT.COM-- Mabes Polri akhirnya membekuk otak komplotan yang berhasil membobol akun Citilink.co.id milik Tiket.com. Pelaku bernama Sultan Haikal alias SH.

SH kini sudah mendekam di sel polisi bersama tiga orang anak buahnya yang telah lebih dulu dibekuk berinisial MKU (19), AI (19), dan NTM (27).

"SH sudah kita tangkap sejak Kamis (30/3) siang kemarin di Situ Gintung, Ciputat. Dia pemilik akun Facebook EKEL dan grup hacker FB GANTENGERSCREW," kata Kanit I Subdit III Direktorat VI Dittipidsiber Bareskrim AKBP Idam Wasiadi Sabtu (1/4).

Pelaku yang memperoleh ilmunya secara otodidak itu disebut polisi sebagai,"hacker sejati dan jago hacker. SH sudah pernah melakukan hacking terhadap situs di dalam negeri maupun luar negeri sebanyak 4.237 kali."

FB GANTENGERSCREW juga telah melakukan peretasan sebanyak 259 kali. Jadi total komplotan ini telah melakukan peretasan sebanyak 4.942 kali. Di mana kebanyakan dengan modus deface atau mengubah tampilan. Korbannya termasuk situs Polri dan Gojek.

Saat membobol tiket.com mereka sempat mendapatkan dana senilai Rp 4,1 miliar. Namun setelah kasus ini terbongkar tiket.com membatalkan tiket dan mendapatkan refund sehingga kerugian tersisa Rp 1,9 m.

Dana miliaran rupiah yang berhasil dibobol itu mereka gunakan untuk membelanjakan sejumlah hal. Tak ayal mereka juga dikenakan UU berlapis mulai dari UU ITE, KUHP, dan UU Pencucian Uang.


Farouk Arnaz/FMB

BeritaSatu.com
 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »