Lakukan Penyesuaian Tipologi

Lowongan Kerja , Polda Riau Berikan Usulan Penambahan 3.000 Personel

Dibaca: 5821 kali  Kamis,10 November 2016
Lowongan Kerja , Polda Riau Berikan Usulan Penambahan 3.000 Personel
Ket Foto : Polisi

RIAUTERBIT.COM- Kepolisian Daerah Riau mengusulkan penambahan 2.000-3.000 personel menyusul peningkatan tipologi dari B ke A setelah memperoleh persetujuan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur.

"Untuk saat ini, Police Ratio di Riau 1 polisi berbanding 670 warga. Sementara sesuai aturan internasional 1 polisi idealnya melayani 450 warga. Untuk itu, secara bertahap kami mengajukan penambahan 2.000-3.000 personel agar pelayanan, pengayoman lebih baik," kata Kapolda Riau, Brigjen Zulkarnain di Pekanbaru, Kamis (10/11)

Kapolda menjelaskan jumlah personel jajaran Polda Riau saat ini sekitar 10.466 orang dengan jumlah penduduk 6,4 juta jiwa. Untuk ke depan, lanjutnya, Polda Riau berupaya menambah 12.000 hingga 15.000 personel polisi.

Selain penambahan jumlah personel, Zulkarnain juga akan memperkuat Jajaran Direktorat Polisi Perairan Polda Riau.

Menurutnya, geografis Provinsi Riau yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura serta berhadapan dengan jalur pelayaran internasional membutuhkan personel perairan dan sarana terbaik.

"Tentu sekali lagi kita lakukan bertahap sesuai kenaikan tipe A Polda Riau," jelasnya.

Lebih jauh, Kapolda mengatakan peningkatan Tipologi Polda Riau menjadi A rencananya akan diresmikan langsung oleh Wakapolri Komjen Syafruddin pada Sabtu mendatang (12/11).

Dia berharap dengan dengan peningkatan Tipologi Polda Riau harus diiringi dengan perubahan mental dan sikap anggota dalam melayani serta menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Esensi penaikan tipe adalah melayani masyarakat dengan baik. Yaitu menjadi polisi yang dekat dan dimiliki masyarakat serta menjadi polisi yang profesional, moderen dan terpecaya," katanya.

Dia memperingatkan anggotanya tidak ada lagi pungutan liar dan pemotongan hak anggota. Dia menyebut jangan sampai ada lagi keluhan dari masyarakat setelah kenaikan tipe ini.

"Jangan sampai ada obrolan masyarakat, katanya naik tipe A, tapi tidak ada perubahan," ujar Zulkarnain.

Sebelumnya Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam kunjungan kerjanya ke Riau pada akhir Agustus 2016 lalu menyebutkan status Polda Riau sedang diproses naik dari tipe B menjadi tipe A.

"Mudah-mudahan dua bulan ke depan atau akhir tahun ini. Kapoldanya bintang dua dan wakil kapolda bintang satu," kata Tito Karnavian.

Dia berharap dengan naiknya status dari tipe B menjadi tipe A otomatis kinerja Polda Riau harus ditingkatkan dengan pelayanan yang lebih baik lagi ke depannya.

Dia memaparkan pengajuan permohonan kenaikan status Polda Riau tersebut juga diikuti dengan dua polda lainnya yakni dari Provinsi Kepulauan Riau dan Lampung. (ant)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »