Abdul Gafar Usman dan Instyawati Ayus Masuk Bursa , 13 Nama Bersaing Gantikan Irman Gusman

Abdul Gafar Usman dan Instyawati Ayus Masuk Bursa , 13 Nama Bersaing Gantikan Irman Gusman
Ketua DPD Irman Gusman (tengah), dikawal petugas usai diperiksa setelah tertangkap operasi tangkap tangan KPK, di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (17/9/2016). KPK menetapkan Ketua DPD Irman Gusman sebagai tersangka karena menerima uang suap Rp 100 juta untuk m

RIAUTERBIT.COM- Ada sebanyak 13 nama dari 39 anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI dari wilayah Indonesia bagian barat yang siap bersaing untuk menjadi pimpinan DPD RI untuk menggantikan posisi Irman Gusman yang kini menjadi tersangka dan  tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Di sela rapat Panitia Musyawarah (Panmus) DPD RI, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis (6/10), beberapa anggota DPD RI menyebut, ada 13 nama anggota yang berambisi untuk mencalonkan diri pada bursa pemilihan pimpinan DPD RI pengganti Irman Gusman.

Ke-13 nama tersebut berdasarkan urutan alpabet terdiri atas Abdul Aziz (Sumatera Selatan), Abdul Gafar Usman (Riau), Ahmad Hudarni Rani (Bangka Belitung), Ahmad Kennedy (Bengkulu), Andi Surya (Lampung), Asmawati, Sumatera Selatan), Darmayanti Lubis (Sumatera Utara), Djasarmen Purba (Kepulauan Riau), Fachrurazi (Aceh), Hardi Selamat Hood (Kepalauan Riau), Instyawati Ayus (Riau), Muhammad Sukur (Jambi), dan Parlindungan Purba (Sumatera Utara).

Menurut Muqowam, dari Indonesia bagian barat sebenarnya ada 39 anggota DPD. Semuanya memiliki hak yang sama untuk dipilih dan memilih menjadi pimpinan DPD RI. Jika dari 39 nama tersebut, hanya 14 nama yang menyatakan siap dipilih, hal itu diserahkan kepada seluruh anggota dari Indonesia bagian barat, karena mereka yang akan melakukan pemilihan.

"Teknis pemilihannya diserahkan kepada ke-39 anggota untuk memilih salah satu di antara mereka menjadi pemimpin DPD RI, apakah melalui musyawarah mufakat, atau voting," katanya.

Dia menambahkan, setelah satu nama pemimpin DPD terpilih dari Indonesia bagian barat, maka akan menjadi pimpinan DPD RI bersama dua pemimpin yang sudah ada, yakni Gusti Kanjeng Ratu Hemas dari Indonesia bagian tengah dan Faoruk Muhammad dari Indonesia bagian timur.

Berdasarkan tata tertib DPD RI, ketiga pemimpin akan dipilih oleh seluruh dari 131 anggota DPD RI untuk memilih Ketua DPD RI. Pemilihan pimpinan DPD RI dan Ketua DPD RI dijadwalkan melalui rapat paripurna luar biasa pada Selasa (11/10) pekan depan.


/MUS

ANTARA
 

Berita Lainnya

Index