Ikatan Pemuda Mahasiswa Riau Kumpulkan Koin untuk Pahlawan Kebersihan

Ikatan Pemuda Mahasiswa Riau Kumpulkan Koin untuk Pahlawan Kebersihan
Ratusan masa yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Mahasiswa Riau (IPMR) Sabtu (25/6/2016) menggelar aksi simpatik

RIAUTERBIT.COM-Ratusan masa yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Mahasiswa Riau (IPMR) Sabtu (25/6/2016) menggelar aksi simpatik pengumpulan koin untuk 'pahlawan kebersihan'.Baru satu jam menjalankan aksi sosialnya, mahasiswa sudah berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp1.700.000 ribu untuk satu titik di bundaran Mall SKA Arengka.

Aksi pengumpulan koin ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa atas nasib para pekerja kebersihan yang diterlantarkan bekerja tanpa menerima upah selama dua bulan terakhir oleh perusahaan rekanan Pemko Pekanbaru, PT MIG.

Selain itu, mahasiswa juga memprotes Pemerintah Kota Pekanbaru yang terkesan lamban dalam menangani masalah yang dialami para pekerja kebersihan, yang selama ini tumpuan dalam menjaga kebersihan Kota Madani ini.

"Sudah dua bulan lamanya gaji honorer dari petugas kebersihan Kota Pekanbaru tak kunjung dicairkan. Anak dan istri mereka merengek dalam kepedihan, tak ada uang untuk membeli makan dan susu untuk anak anak mereka," ujar Presiden Mahasiswa Universitas Riau, Abdul Khair dalam pernyataa sikapnya.

Atas kelalaian perusahaan dan Pemerintah Kota yang lemah dalam manajemen pengelolaan sampah, telah menimbullan dampak sosial yang buruk bagi para buruh kebersihan ini.Celakannya, Pemerintah Kota sudah dua kali berjanji akan membantu pembayaran gaji mereka. Namun, sampai saat ini belum ada realisasi konkrit.

"Sampai ada salah satu petugas kebersihan yang tak kunjung pulang ke rumah karena takut di marahi oleh istrinya lantaran tak ada uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sungguh ironi di tengah bulan suci ramadhan ini petugas kebersihan yang kita anggap sebagai pahlawan pada tempo ini bekerja terus menerus tanpa upah yang sepeser pun di terimanya," tegas Abdul Khair.

Menurut mahasiswa lagi, para pekerja kesersihan ini merupakan ujung tombak dalam menyukseskan Kota Pekanbaru menyabet penghargaan sebagai kota terbersih tujuh kali berturut-turut.

"Kota Pekanbaru pernah mendapatkan piala adipura sebagai kota terbersih di Indonesia atas jasa siapa? Tak lain dan tak bukan adalah karena jasa petugas kebersihan," cetusnya.

Atas dasar itulah, BEM UR dan seluruh BEM se Riau di bulan yang penuh keberkahan turun ke jalan melakukan aksi sosial dengan menggalang dana bagi para 'pahlawan kebersihan' sebagai bentuk rasa kemanusiaan.

Baca Juga: Belasan Nelayan Rohil Ditangkap Polisi Maritim Malaysia

"Adapun hasil dari aksi kita ini nanti berupa uang yang terkumpul akan langsung kita berikan kepada petugas kebersihan tepat di depan kantor walikota sebagai bentuk protes dan sindiran kepada pemerintah kota Pekanbaru yang tidak peduli dengan petugas kebersihan yang gajinya tidak kunjung dicairkan oleh pihak pemko dengan dalih-dalih normatif," cetusnya lagi.

Aksi penggalangan dana ini sendiri akan digelar mahasiswa dibeberapa titik di Pekanbaru. Selain di SKA, Mahasisw juga akan menggalang pengumpulan koin di depan ramayana Jalan Sudirman Pekanbaru dan Bundaran depan Kantor Gubernur Riau.(Lipo)
 

Berita Lainnya

Index