Megawati Yakin PDIP Menangkan Pilkada Kepri

Dibaca: 7148 kali  Minggu,29 November 2015
Megawati Yakin PDIP Menangkan Pilkada Kepri
Ket Foto : RIAUTERBIT.COM-Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri meyakini, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Soeryo Respationo-Anshar Ahmad memenangkan Pilkada Provinsi Kepulauan Riau.

RIAUTERBIT.COM-Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri meyakini, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Soeryo Respationo-Anshar Ahmad memenangkan Pilkada Provinsi Kepulauan Riau. Kerenanya, Presiden Ke-5 RI itu meminta Soeryo-Anshar mewujudkan komitmen ideologis Pancasila dan Pola Pembangunan Semesta Berencana dalam membangun provinsi tersebut.

Megawati memastikan hal itu dengan menyerahkan buku tebal berisi "Pola Pembangunan Semesta Berencana" ke tangan Soeryo, di sebuah galangan kapal di Kota Batam, Kepri, Minggu (29/11).

"Ingat, ideologi kita Pancasila, merupakan jalan menuju kesejahteraan Rakyat," tulis Megawati di halaman depan buku yang diserahkan ke pasangan Soeryo-Anshar itu.

Dalam kunjungannya, Megawati didampingi jajaran petinggi DPP PDIP dan sejumlah anggota DPR RI, seperti Kepala Situation Room PDIP Prananda Prabowo, Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga, Ketua DPP PDIP Sukur Nababan, serta anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka, Masinton Pasaribu, dan Dwi Ria Latifah.

PDIP, kata Megawati, memang memiliki cita-cita mewujudkan Pola Pembangunan Semesta Berencana yang dirancang oleh Proklamator RI, Bung Karno. Dokumen yang sama juga sudah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. Pola Pembangunan Sementara Berencana, jelas Megawati, merupakan buku yang sudah lama dibuat sebagai tujuan dan gambaran pembangunan Indonesia.

"Menurut saya, belum pernah ada yang bisa membuat buku seperti ini. Tapi karena selama ini sejarah ditutupi, orang Indonesia tak tahu buku ini adalah otentik karya anak bangsa. Di sini sudah disebutkan apa yang dikerjakan tahap demi tahap dalam membangun Indonesia," jelas Megawati.

Di buku itu, dituliskan konsep serta rancangan lengkap pembangunan Indonesia yang berbasis ajaran Trisakti. Di situ didorong Indonesia menjadi negara mandiri yang tak hanya bergantung ke impor.

Baginya, konsep itu kontekstual dengan keadaan Indonesia, khususnya di Kepulauan Riau, yang secara geografis berhadap-hadapan langsung dengan Singapura. Terbukti, Indonesia sudah mampu membuat kapal sendiri, seperti yang dimiliki PT.Anggrek Hitam, galangan kapal yang dikunjungi Megawati dan rombongan. Di galangan itu, sedang dibangun dua unit kapal tanker pesanan PT Pertamina.

"Banyak yang tanya apa arti Trisakti? Itu adalah rangkuman konsep yang punya tiga kedaulatan. Bidang politik, kalau bisa bikin kapal sendiri, tentu kedaulatan kita makin kuat," jelas Megawati.

"Lalu karena bisa bikin sendiri, kita tak perlu membeli dari luar dan bisa mengoperasikan sendiri. Tak perlu impor, sehingga secara ekonomi kita berdikari. Tadi saya ke sini, disambut tarian daerah yang artinya berkepribadian di bidang kebudayaan."

"Saya tak ingin itu jadi hanya slogan saja. Tapi harus kita jalankan. Maka saya minta calon gubernur untuk mendorong Kepulauan Riau menjadi tempat yang menuunjukkan kemandiriannya," tegas Megawati.

Soeryo Respationo sendiri, sang calon gubernur berjanji akan melaksanakan seluruh arahan yang disampaikan Megawati. Dipastikannya, semangat itu sudah dimasukkan ke dalam visi misi mereka sebagai calon gubernur-wakil gubernur Kepri.

"Insya Allah, kita akan perjuangkan semuanya. Dan kita akan bangkitkan kembali industri yang lama lesu, terutama galangan kapal, dan industri lainnya di Kepulauan Riau. Saatnya Anak Negeri berkarya di negerinya sendiri," tegas Soeryo.

Markus Junianto Sihaloho/FER

BeritaSatu.com
 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »