Kadiskes Riau Harapkan Ada Satgas Internal di Sekolah

Dibaca: 1351 kali  Kamis,24 Desember 2020
Kadiskes Riau Harapkan Ada Satgas Internal di Sekolah
Ket Foto : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir

RIAUTERBIT.COM - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir berharap adanya satgas Internal di sekolah pada saat pembelajaran tatap muka terbatas pada semester genap mendatang. 

"Protokol kesehatan mudah diungkapkan namun pelaksanaannya terdapat masih ada yang cuek, maka itu perlunya satgas internal di sekolah," katanya di Ruang Kenanga Kantor Gubernur Riau, Rabu (23/12/20).

Melalui satgas internal tersebut, nantinya akan melakukan monitoring atau penerapan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah tersebut. Dari mulai siswa itu masuk hingga siswa pulang itu harus dilakukan pengawasan.

"Juga dapat memberikan teguran jika ada yang tidak menggunakan masker," ucapnya.

Mimi melanjutkan selain satgas internal, sarana prasarana protokol kesehatan juga perlu dipersiapkan. Diungkapkannya seperti wadah cuci tangan jangan hanya ada wadahnya saja namun sabunnya tidak tersedia.

"Itu juga perlu diperhatikan siapa penanggung jawabnya, karena sarana prasarana protokol kesehatan juga sebagai upaya mencegah penularan Covid-19," tuturnya.

Kemudian kesiapan pembelajaran tatap muka di sekolah, diberdayakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Karena menurutnya, tidak semua sekolah itu dekat dengan Fasilitas Kesehatan (Falkes). 

"Namun sekolah harus mempunyai nomor kontak Falkes terdekat, sehingga jika terjadi sesuatu bisa segera menghubungi klinik atau puskesmas terdekat," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pada UKS sekolah yang diberdayakan juga harus mempersiapkan beberapa APD sederhana sehingga jika ada yang pingsan di lingkungan sekolah dapat di tangani tanpa khawatirkan tertular Covid-19. (mcr)

 

 
Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »