Meski Pandemi Covid-19,

Hari Jadi Pekanbaru ke-236 Tetap Dirayakan

Hari Jadi Pekanbaru ke-236 Tetap Dirayakan

RIAUTERBIT.COM - Di tengah pandemi Covid-19 Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tetap akan menggelar perayaan hari jadi Pekanbaru ke-236. Namun, perayaan kali ini dikemas lebih sederhana dibandingkan tahun lalu. Ketua Panitia Hari Jadi Pekanbaru ke-236 Indra Pomi Nasution mengatakan, sama seperti tahun lalu, masih ada berbagai perlombaan. Seperti lomba RW siaga yang akan diikuti perwakilan RW dari tiap-tiap kelurahan.

 

Kemudian lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rangka kewaspadaan terhadap Covid-19. Ada juga lomba video pendek berdurasi 2-4 menit untuk kategori ASN atau OPD bertemakan kegiatan-kegiatan inovasi yang ada di OPD masing-masing terhitung sejak 2012 hingga 2020. "Di dalam video ini diharapkan juga OPD bisa menceritakan cita-cita ke depan seperti apa," kata Indra, Rabu (10/6/2020).

 

Ada juga perlombaan khusus bagi masyarakat, mahasiswa dan pelajar. Seperti lomba video pendek berdurasi 3-4 menit berkaitan kesiapan masyarakat dalam menghadapi new normal life. "Artinya kesiap-siapan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan," jelasnya. Kemudian ada lomba penerapan protokol kesehatan antar organisasi perangkat daerah (OPD), sekolah, kantor-kantor pemerintah, pasar, maupun di Masjid Paripurna se-Kota Pekanbaru.

 

"Maksudnya agar masyarakat kita benar-benar tersosialisasikan tentang perilaku hidup baru sesuai protokol kesehatan," jelasnya. Lanjut Indra, panitia juga akan menggelar lomba lampu hias khusus untuk kantor-kantor pemerintahan maupun swasta yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. "Ini nanti akan kita festivalkan dan akan ditinjau oleh Muspida. Pemenang akan diberi piagam penghargaan," ungkapnya.

 

Lomba puisi, cerita pendek (cerpen) dan Mading untuk pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA di Kota Pekanbaru juga akan digelar. Hadiah bagi para pemenang lomba akan diserahkan pada hari puncak hari jadi Pekanbaru ke-236. "Puncaknya akan dipusatkan di perkantoran walikota di Tenayan Raya pada 23 Juni," kata dia. (ckp)

Berita Lainnya

Index