400 Orang Ikut Rapid Test, 3 Reaktif

400 Orang Ikut Rapid Test, 3 Reaktif

RIAUTERBIT.COM - Pemko Pekanbaru menggelar rapid test massal di wilayah Kecamatan Bukit Raya. Mengambil lokasi di Puskesmas Harapan Raya, Jalan Imam Munandar, ada sekitar 400 warga yang ikut rapid test. Tiga di antaranya menunjukkan hasil reaktif. 

 

Rapid test kemarin ditujukan untuk warga di dua kelurahan. Yaitu Kelurahan Tangkerang Utara dan Tangkerang Selatan di dua wilayah kerja Puskesmas Harapan Raya dan Puskesmas Sapta Taruna.

 

Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi, mengatakan, rapid test massal di wilayah Kecamatan Bukit Raya diikuti 400 orang dan tiga orang di antaranya menunjukan hasil reaktif.

 

Terhadap tiga warga yang menunjukkan hasil reaktif ini, petugas langsung melakukan swab test dan masih menunggu hasilnya. "Ketiga orang yang reaktif ini akan dilakukan isolasi mandiri di rumah sakit sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19. Kami sudah siapkan tempat isolasi mandiri di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru," kata Mulyadi, kemarin.

 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy, menambahkan, selain melakukan swab test terhadap tiga orang yang menunjukkan hasil reaktif, petugas juga melakukan swab test terhadap 11 orang yang terkait.

 

11 orang ini, kata dia, adalah keluarga dari orang yang hasil rapid test-nya reaktif. 

 

"Itu (11 orang, red) keluarganya. Anak dan isteri, keluarga inti. Kalau positif, baru satu rumah dites," kata Zaini. / Jika hasil Rapid Test dapat langsung diketahui, maka hasil swab memerlukan waktu beberapa hari.

 

/ "Tiga sampai empat hari nanti diketahui hasilnya positif Covid-19 atau tidak," tuturnya. 

 

Ke depan, Pemko Pekanbaru akan mengadakan rapid test massal untuk wilayah Kecamatan Marpoyan Damai.

 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin berharap dengan dilakukannya rapid test massal ini penularan wabah Covid-19 tentu tidak akan begitu banyak lagi. 

 

Ia juga terus mengimbau agar masyarakat tetap waspada Covid-19 dan harus menerapkan protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak, pakai masker dan menghindari kerumunan, jaga kerbishan diri dan makan makanan yang bergizi. Sebelumnya, pemko telah melakukan rapid test massal di wilayah Kecamatan Tampan dan Kecamatan Tenayan Raya.

 

Rapid test massal di Kecamatan Tenayan Raya diikuti oleh 278 orang dengan 10 orang menunjukkan hasil reaktif. Sedangkan di Kecamatan Tampan diikuti 319 orang dan 10 orang di antaranya menunjukan hasil reaktif.(rpc)

Berita Lainnya

Index