Dispar Minta Asosiasi Hotel dan Travel Pantau Wisatawan yang Masuk Riau

Dibaca: 2191 kali  Jumat,13 Maret 2020
Dispar Minta Asosiasi Hotel dan Travel Pantau Wisatawan yang Masuk Riau
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Untuk mengantisipasi dan mewaspadai meluasnya kasus penyakit Pneumonia yang disebabkan oleh virus Corona (Covid-19), Dinas Pariwisata (Dispar) Riau meminta asosiasi hotel dan travel ikut memantau kedatangan wisatawan yang berkunjung ke Riau.

 

"Kami mengimbau kepada general manajer hotel kabupaten/kota, pengurus BPD PHRI Riau, pengurus IHGMA Riau, pengurus DPD ASITA Riau, pengurus ASPPI, pengurus PUTERI Riau pengurus ASPERAPI Riau yang ada di provinsi Riau untuk turut serta memantau kedatangan wisatawan yang berkunjung ke Riau," kata Plt Kepala Dispar Riau, Raja Yoserizal Zen, Jumat (13/3/2020).

 

Selain itu, lanjut Yoserizal, asosiasi hotel dan travel melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan dinas kesehatan, rumah sakit dan pihak terkait untuk melakukan pendeteksian secara dini terhadap wisatawan dengan menggunakan Thermal Scanner. "Untuk mencegah penularan lebih lanjut para wisatawan kami harap juga bersedia melalui pemeriksaan kesehatan apabila diperlukan," harapnya.

 

"Kita juga minta general manager hotel kabupaten dan kota, pengurus PDI PHRI Riau pengurus IHGMA Riau, pengurus DPD ASITA Riau, DPD ASPPI Riau, pengurus HPI, pengurus PUTERI Riau, pengurus ASPERAPI Riau yang berada di kabupaten/kota untuk membuat untuk kewaspadaan dini kasus penyakit pneumonia yang disebabkan oleh virus Corona," ujarnya.

 

Tak hanya itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dengan cara mencuci tangan secara rutin dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Kemudian melaksanakan etika batuk dengan menutup mulut dengan tisu, dan membuang tisu di tempat yang sudah ditentukan.

 

Menggunakan masker apabila batuk dan flu dan pilek, serta konsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak buah dan sayur, rajin olahraga dan istirahat cukup. Apabila sakit segera ke fasilitas pelayanan kesehatan. "Langka ini kami sampaikan sehingga wisatawan dapat berkunjung ke Riau dengan rasa aman," pungkasnya.(ckc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »