Azas Kepatutan Memakai Tanjak Melayu

Dibaca: 2031 kali  Kamis,24 Mei 2018
Azas Kepatutan Memakai Tanjak Melayu
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) mengapresiasi meningkatnya penggunaan tanjak dikalangan masyarakat, apalagi anak muda disaat sekarang ini. Apalagi saat ini tanjak sudah banyak dijual oleh pedagang fashion.

Hal ini disampaikan ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR, Al Azhar kepada media, Kamis (23/05/2018).  Menurut Al Azhar, "demam" tanjak saat ini sebagai bukti kecintaan masyarakat akan adat melayu.

Namun ia mengingatkan kepada berbagai pihak yang akan mengenakan tanjak tersebut untuk memperhatikan kepatutan dan kepantasan dalam penggunaannya.

Hal ini berkenaan dengan adat Melayu yang terkandung dalam penggunaan tanjak. Salah satunya ialah dengan memperhatikan pakaian yang dipakai pada saat seseorang menggenakan tanjak.

"Buatlah tanjak itu bagian yang menyatu dengan keseluruhan pakaian melayu. Yang aturannya dikurung oleh syarak dan dikungkung oleh adat," cakap Al Azhar.

Dijelaskan Al Azhar bahwa pakaian tersebut haruslah memperhatikan beberapa syarat utama, seperti tidak boleh ketat, terbuka maupun tembus pandang. Pasalnya dalam adat Melayu pakaian tersebut haruslah sesuai syariat Islam yaitu dengan beberapa persyaratan diatas.

Oleh sebab itu ia mengaku bahwa pihak LAM akan sangat mendukung apabila ada pihak yang ingin mengembangkan dan melestarikan adat.
 
"Banyak anak muda yang pakai Tanjak. Itu sangat bagus, tapi ingat pakaiannya tidak boleh ketat, terbuka maupun tembus pandang. Kita orang Timur, adat dan syariat aagama harus selalu dijunjung," pungkasnya.(CL)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »