Narkoba dan Karhutla Menjadi Prioritas Kapolda Riau Brigjend Pol Nandang

Dibaca: 4467 kali  Sabtu,09 September 2017
Narkoba dan Karhutla Menjadi Prioritas Kapolda Riau Brigjend Pol Nandang
Ket Foto : Kepala Kepolisian Daerah Riau yang baru, Brigjend Pol Nandang saat kegiatan penyambutan

RIAUTERBIT.COM- Kepala Kepolisian Daerah Riau yang baru, Brigjend Pol Nandang usai kegiatan pelepasan dan penyambutan menyampaikan akan memprioritaskan pemberantasan kebakaran hutan dan lahan serta narkotika dan obat-obatan terlarang.

"Prioritas utama adalah bagaimana tidak terjadi kebakaran hutan, kedua peredaran narkoba dikurangi semaksimal mungkin. Bukan berarti kejahatan lain tidak ditangani," kata Kapolda Riau, Brigjend Pol Nandang di Pekanbaru, Jumat.

Untuk karhutla dia mengatakan tetap dengan mengandalkan seperti yang dilakukan Kapolda Riau sebelumnya, Irjen Pol Zulkarnain. Itu dengan memberdayakan tiga pilar yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan lurah memberikan pencerahan menanggulangi karhutla pada masyarakat.

Selain itu, kepada pengusaha perkebunan dia meminta agar dalam mengembangkannya dengan menggunakan cara benar. Tidak dilakukan dengan cara yang tidak sesuai aturan.

Terkait menekan peredaran narkoba, dia akan meminta Polisi Air untuk benar-benar melakukan patroli. Hal itu berkaitan dengan letak Riau yang rawan akan penyelundupan barang ilegal seperti narkoba.

"Kalau siang patroli, yang menyelundup malam. Kapan bertemu polisi sama penjahat, jadi harus punya deteksi dini dan intelijen kapan saatnya dilakukan. Karena penyelundup akan gunakan beragam cara," ujarnya yang sebelumnya Kapolda Sulawesi Barat ini.

Perkembangan terakhir, lanjutnya, tekah dilaporkan Direktorat Reserse Narkoba telah diungkap lebih dari 120 ribu butir pil. Barang itu dari Dumai dan Bengkalis, ditangkap di Siak. Artinya, kata dia masih ada kelipatannya 1000 kali lipat lagi yang lolos.

Sementara itu, Kapolda Riau sebelumnya, Irjen Pol Zulkarnain yang masih berada di Pekanbaru berharap dukungan besar masyarakat mencegah karhutla. Di bawah pimpinan Brigjend Pol Nandang, dia yakin akan jauh lebih baik dalam menegakkan hukum kejahatan karhutla maupun narkoba.

Zulkarnain yang andal berpantun ini sebelum pindah menjadi Kapolda Sumatera Selatan menyempatkan diri menyampaikan pantun."Kalau lah hati galau jangan laporkan ke Pak Polisi, Terimakasih masyarakat Riau atas dukungannya yang diberikan kepada kami," ujarnya usai diwawancara sekaligus disambut tepuk tangan. (ant)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »