Seluruh Puskesmas di Batam Belum Terakreditasi

Dibaca: 5989 kali  Selasa,13 Desember 2016

RIAUTERBIT.COM - Seluruh puskesmas di Kota Batam, Kepulauan Riau, belum terakreditasi, sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo agar semua puskesmas mendapatkan penilaian akreditasi.
         
"Puskesmas belum, baru RSUD yang terakreditasi, tinggal puskesmas," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Selasa.
         
Ia menyesalkan penundaan akreditasi seluruh puskesmas karena sesungguhnya telah menugaskan kepada Kepala Dinas untuk menunaikan amanat Presiden.
         
Sejak awal memerintah pada Maret 2016, Rudi mengaku sudah berkali-kali meminta agar seluruh prasarana dan sarana Puskesmas ditingkatkan demi pelayanan masyarakat.
         
"Dari awal saya ingatkan, agar dilengkapi rawat inap, lengkapi bidan, dokter, perawat. Itu agar terakreditasi," kata Wali Kota Rudi.
         
Ia berharap seluruh puskesmas di kota itu bisa segera mengikuti proses akreditasi demi pelayanan maksimal kepada masyarakat.
         
"RSUD bisa dari tipe D, kemudian C, lalu B hingga paripurna. Puskesmas juga harus bisa," katanya.
         
Wali Kota mengatakan akan terus menggenjot kinerka Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah agar bisa bekerja lebih maksimal, demi memenuhi target pemerintah.
         
Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Batam, Gintoyono Batong juga menyesalkan belum adanya Puskesmas yang memperoleh akreditasi pada 2016.
         
"Tahun ini belum ada. Tahun depan kami usahakan agar ada Puskesmas yang diakreditasi," kata Gintoyono.
         
Gintoyono meminta Kepala Dinas Kesehatan segera menyusun daftar Puskesmas yang akan diajukan untuk mendapatkan akreditasi pada 2017.
         
Berdasarkan laporan yang diterimanya, proses akreditasi Puskesmas pada tahun ini terkendala dana, karena anggaran pemerintah mengalami defisit.
         
"Tapi sesungguhnya, kami terus berupaya meningkatkan pelayanan di Puskesmas, kami terus memantau agar masyarakat mendapatkan akses kesehatan maksimal di Puskesmas," kata Gintoyono.(ant)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »