Kas Kosong, Seketaris Desa Se-Kabupaten Kampar Study Banding ke Bali

Dibaca: 7967 kali  Senin,31 Oktober 2016
Kas Kosong, Seketaris Desa Se-Kabupaten Kampar Study Banding ke Bali
Ket Foto : Ilustrasi

RIAUTERBIT.COM – Dana desa yang seharusnya dipergunakan untuk pembangunan desa namun hari ini dapat kita lihat aparatur desa sangat antri menunggu giliran plesiran kelokasi wisata hingga ke pulau dewata Bali sebelumnya kepala desa sekarang giliran sekretaris desa.

Demikian yang disampaikan Bupati Lira Kabupaten Kampar Ali Halawa kepada wartawan saat dihubungi melalui Selulernya , Selasa (1/11/2016).

“Aparat desa ini terkesan antri dan menunggu giliran untuk menggunakan dana desa plesiran yang berkedok bimbingan teknis hingga ke pulau eksotis di indonesia, sekarang giliran sekdes 4 hari ke Bali,” ungkap Ali Halawa.

“Ini dana desa, makasimalkan donk! untuk pembangunan desa kenapa disumbangkan ke Bali,” sesalnya.

Ia meminta agar aparat desa memanfaatkan jenjang konsultasi yang ada. “Kita sudah ada BPMPD yang siap memberikan bimbingan terhadap aparat desa yang belum memahami tentang acuan dan tata cara penggunaan dana desa,” ujarnya lagi.

“Yang terpentingkan sekarang adalah transparansi penggunaan dana desa itu yang perlu kita lakukan apa lagi mereka telah diberikan pelatihan, dibina, dan diajari dan diberikan pemahaman, diberikan panduan buku tata cara dan apa lagi?,” tanya Ali.

“Kenapa mesti pakai bimtek ke Bali, inikan mubazir,” jelasnya.

Lira kampar meminta jika aparatur desa masih kurang dalam memahami aturan mereka bisa langsung berkoordinasi dengan intansi yang menaunginya. “Koordinasi bisa ke BPMPD, inspektorat, ke kejaksaan karena MOU pemerintah kampar dengan kejari Kampar berjalan baik,” imbuhnya.

Ali menambahkan aparatur desa dikampar masih dipertanyakan indepedensinya dalam nuansa pilkada kampar. “Apa lagi saat ini kepala desa ini masih diperlukan dan dipertanyakan, artinya masyarakat masih ragu tentang kemandirian seorang kades dalam pemilihan kepala daerah nanti,” bebernya.

“Ini dapat dibuktikan dengan bergulirnya hak angket yang digelar oleh DPRD kampar saat ini,” imbuhnya.(Juf)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »