Dinas ESDM Riau Canangkan Penggunaan Aplikasi Pemantau Listrik SKPD

Dinas ESDM Riau Canangkan Penggunaan Aplikasi Pemantau Listrik SKPD
Kepala Dinas ESDM Riau, Syahrial Abdi

RIAUTERBIT.COM - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau berencana menjalankan aplikasi pantauan pemakaian energi listrik dengan sistem terintegrasi teknologi pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah setempat.

"ESDM sumbangkan dua aplikasi yang terintegrasi di seluruh SKPD untuk menghimpun dan mencermati pemakaian listrik yang masuk dalam draf anggaran belanja tidak langsung," kata Kepala Dinas ESDM Riau, Syahrial Abdi pada Aksi Hemat Energi yang digelar di Soeman HS, Kota Pekanbaru, Selasa (18/10).

Dia mengatakan, pembayaran listrik di instansi pemerintah berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sehingga merupakan dana yang seharusnya digunakan secara bijak dan efektif.

"SKPD diminta untuk lebih sensitif dalam penggunaan listrik. Misalnya pemakaian lampu ruangan seperlunya, AC serta lainnya," jelasnya.

Pemakaian energi listrik di setiap SKPD akan terpantau, kata Syahrial, dengan sistem kerja menggunakan rekening ID pemakaian listrik sehingga pemantauan "real time" langsung oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk melakukan penghematan anggaran pada belanja tidak langsung, kata Syahrial, aksi penghematan energi dipandang penting pada lingkup pemerintahan Provinsi Riau.

"Mengingat kalangan birokrasi kurang peduli dengan pemakaian listrik, kebiasaan pemborosan penggunaan energi listrik sehingga kami melihat sebuah sisi untuk melakukan penghematan," sebut Syahrial.

Aplikasi tersebut akan diluncurkan Dinas ESDM pada pergelaran Riau expo di stand energi dengan menggandeng sejumlah stakeholder di antaranya PLN, SKK Migas, pertamina yang menyatukan tema bagaimana pengelolaan energi dari hulu ke hilir.

Ke depannya Dinas ESDM akan merekrut 1 orang untuk gugus tugas dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Tujuannya sosialisasikan penghematan penggunaan energi di instansinya.

"sosialisasi penghematan energi di SKPD. Selain itu kita juga akan pasang stiker berisi imbauan agar hemat energi," ujarnya.

Kegiatan aksi hemat energi disandingkan bersama dengan pameran perpustakan dengan pertimbangan menjadi komitmen bagian arsip dinamis Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, selain itu mengingat Soeman HS menjadi salah-satu dari tiga gedung yang pembayaran listrik cukup tinggi di antara SKPD Riau. (ant)
 
 

Berita Lainnya

Index