Akhirnya Liusman Saleh Kembali Pimpin UNIKS

Dibaca: 15317 kali  Kamis,07 Januari 2016
Akhirnya Liusman Saleh Kembali Pimpin UNIKS
Ket Foto : Universitas Islam Kuantan Singingi

RIAUTERBIT.COM-Kemelut jabatan rektor yang melanda Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks) sejak sebulan lalu kini bakal berakhir. Kopertis Wilayah X sudah meminta jabatan rektor dikembalikan kepada Liusman Saleh MT. Penunjukan kembali Liusman Saleh sebagai rektor Uniks disepakati dalam rapat Kopertis Wilayah X dengan Pembina dan Pengurus Uniks yang digelar di Bukittinggi, Sumatera Barat Selasa, 5 Januari 2016.

Ikut hadir dalam rapat tersebut Pembina Uniks Prof Suwardi MS, Edyanus Herman Halim serta Ketua Umum Pengurus Uniks Drs H Zulkifli MSi dan sejumlah pengurus lainnya.

Dalam rapat yang digelar di Kota Jam Gadang itu, Kopertis Wilayah X menilai pengunduran diri Liusman Saleh sebelum ini dipicu oleh intervensi dan unsur tekanan yang datang dari luar seprti dari pemerintah daerah. Dengan alasan itu Kopertis Wilayah X menyatakan selayaknya jabatan rektor dikembalikan ke Liusman Saleh. Rapat Kopertis Wilayah X dengan Pembina dan Pengurus Uniks memang sempat mengundang ketegangan. Pasalnya saat Ketua Umum Zulkifli menyampaikan pemikirannya, Pembina Prof Suwardi MS berulangkali menyalib pembicaraannya. Kendati Zulkkifli dengan berendah hati meminta Prof Suwardi untuk tidak menyalib pembicaraannya namun hal itu tetap dilakukan.

Tak ayal lagi, seorang pengurus H Marduyut langsung menggebrak meja karena kesal. Kepada wartawan, Zulkifli mengatakan upayanya untuk menyelesaikan kemelut Uniks salah satunya karena para mahasiswa yang kuliah di Uniks sebagian besar berasal dari keluarga ekonomi lemah. Kemelut itu kata Zulkifli telah membuat mahasiswa dirugikan karena berbagai fasilitas yang semula diberikan pemerintah daerah tidak boleh lagi digunakan lagi. "Bayangkan akibat intervensi itu, para mahasiswa kuliah di bangunan bekas kandang sapi. Saya tidak tega melihat kondisi ini" tuturnya.

"Sehingga saya tanamkan dalam diri saya bahwa saya harus berupaya menyelesaikan masalah Uniks hingga tuntas" sambung Zulkifli.

Selain itu menurut Zulkifli upaya penyelesaian kemelut rektor Uniks itu dilakukan mengingat kemelut itu telah berdampak buruk terhadap para mahasiswa. Zulkifli mengatakan kemelut itu telah membuat ratusan mahasiswa Uniks tertunda wisudanya. Syukur imbuh Zulkifli, kemelut itu kini semua itu sudah berakhir.

Uniks kata Zulkifli sudah bisa menjadwalkan wisuda untuk para mahasiswa yang sebelum ini tertunda wisudanya. Bahkan Zulkifli menjamin kedepan seluruh fasilitas yang sebelumnya digunakan Uniks akan bisa digunakan lagi. Menurut Zulkifli, satu hal yang pantas dibanggakan Uniks karena Kopertis Wilayah X mengakui kalau manajemen Uniks selama ini relative sangat baik. Bahkan Kopertis Wilayah X menilai manajemen Uniks jauh lebih baik dari manajemen perguruan tinggi swasta di kota besar dibawah naungan Kopertis Wilayah X. "Kopertis Wilayah X mengakui manajemen Uniks semalam ini sangat baik sehingga mereka heran kenapa sampai terjadi pengunduran diri rektor" tandas Zulkifli. (*)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »