TEGAKKAN DISIPLIN DI LINGKUNGAN YONIF RAIDER 323/BP KOSTRAD

TEGAKKAN DISIPLIN DI LINGKUNGAN YONIF RAIDER 323/BP KOSTRAD

Kota Banjar, riauterbit.com. Untuk meningkatkan kedisiplinan prajurit terutama disiplin dalam berkendaraan, Yonif Raider 323/BP Kostrad mengadakan pengecekan kendaraan bermotor serta pengecekan Urine bertempat di depan Mayonif Raider 323/BP, Senin (25/03/2019).

  Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Pasi Intel Yonif Raider 323/BP Letnan satu Inf Muhammad Fikri, S.T.Han.  bersama petugas dari Subdenpom Banjar. Adapun sasarannya adalah kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor meliputi SIM dan STNK serta melaksanakan pengecekan secara fisik meliputi helm, spion, lampu-lampu kendaraan, knalpot dan roda. Pada saat berlangsungnya pengecekan, apabila ditemukan kendaraan bermotor didapati tidak memenuhi persyaratan sesuai dengan standar yang telah ditentukan, maka pemilik kendaraan diberikan hukuman di tempat dan didata serta segera memerintahkan untuk melengkapinya.

    Fikri menyampaikan, "pengecekan ini dilakanakan guna untuk menertibkan administrasi kendaraan dan meminimalisir angka kecelakaan, serta menjadikan Satuan Yonif Raider 323 sebagai salah satu instansi yang taat terhadap aturan. Saat ini pelanggaran lalu lintas cendrung meningkat sehubungan sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada prajurit di Satuan lain, karena bagi prajurit yang mengalami kecelakaan lalu lintas maka sesuai dengan ketentuan berlaku dilingkup TNI AD akan mendapatkan sanksi berupa hukuman administratif yang berkaitan dengan kesejahteraan prajurit. “Yang perlu dipahami oleh seluruh prajurit Yonif Raider 323/BP adalah bahwa pemeriksaan ini dilaksanakan bukan untuk sengaja mencari kesalahan dan kekurangan prajurit, akan tetapi untuk mengingatkan para prajurit bahwa pentingnya kelengkapan administrasi berkendaraan dan kelayakan kondisi fisik kendaraan pada saat dipakai di jalan”. tuturnya

  Pengecekan kendaraan kali ini berbeda dari pengecekan yang sebelumnya. Karena pengecekan kali ini, selain kendaraan dikumpulkan di Lapangan Apel pengecekan juga langsung mendatangi dari rumah ke rumah prajurit (door to door). Sistem door to door ini dimaksudkan untuk memeriksa kendaraan yang ditinggal pemiliknya berdinas atau sedang dalam penugasan di daerah operasi, sehingga dapat mencegah dan mengurangi adanya tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Yonif Raider 323/BP, seperti penggelapan kendaraan bermotor dan lain-lain.

Selain kendaraan, hari ini juga dilaksanakan pemeriksaan urine terhadap anggota Batalyon Infanteri Raider 323 Kostrad. Pemeriksaan urine ini merupakan bentuk program P4GN yang dilakukan guna mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan prajurit TNI.
(MC 323 Kostrad)

Berita Lainnya

Index