Tips Menulis Puisi Cinta, Buat Dia Makin Sayang Kamu!

Tips Menulis Puisi Cinta, Buat Dia Makin Sayang Kamu!

Tips Menulis Puisi Cinta, Buat Dia Makin Sayang Kamu!

Sampai saat ini, puisi masih digemari oleh semua orang. Puisi merupakan bentuk karya sastra yang memiliki bahasa indah dan romantis. 

Alasan inilah yang membuat puisi selalu menarik perhatian. Sehingga tak jarang, anak muda mengungkapkan perasaanya lewat puisi. 

Buat kamu yang sedang dekat dengan seseorang dan ingin nyatakan perasaan kasih sayang melalui puisi. 

Yuk, kita simak tips menulis puisi cinta dibawah ini. 

1. Banyak Membaca Puisi

Dengan semakin banyak membaca puisi. Secara otomatis banyak kata atau frasa yang bisa kamu jadikan rangkaian untuk menyusun puisi yang indah lewat kata-kata kiasan indah. 

Banyak membaca buku-buku karya sastra berbentuk puisi juga bisa kamu lakukan. 

Selain menambah referensi, kamu juga akan banyak mendapatkan inspirasi. Inspirasi juga tak kalah penting dalam membuat puisi cinta. 

Selain itu kamu juga perlu untuk mengasah kepekaan dengan lingkungan sekitar, dengan cara selalu mendengarkan curahan hati dan berbagi kisah dengan teman. 

Hal-hal inilah yang bisa menjadi sumber 

inspirasimu untuk membuat puisi. 

2. Menentukan Tema

Dalam proses pembuatan puisi, menentukan tema juga perlu dilakukan. Sebelum menulis pastikan 

tema yang akan kamu buat dan angkat dalam puisi tersebut sudah jelas.

Misalnya, kamu ingin membuat puisi dengan tema cinta, maka kembangkan alur cerita di dalam puisi itu tentang cinta. 

Sehingga puisi kamu akan lebih khusus atau spesifik berbicara soal percintaan. Apalagi puisi ini akan kamu berikan untuk gebetan. 

Maka carilah tema yang sesuai dengan isi hati kamu. Pastikan juga puisi yang dibuat itu menarik dan juga romantis, supaya gebetan makin sayang. 

3. Diksi dan Rima

Langkah yang selanjutnya adalah memperhatikan diksi dan rima. Diksi adalah pilihan kata yang serasi. Kamu harus memilih kata yang benar-benar serasi serta memiliki makna dalam setiap baitnya. 

Kemudian, perhatikan rima atau pengulangan bunyi pada wal maupun akhir bait. Sehingga apabila dibaca akan menghasilkan bunyi yang indah dan serasi. Semakin kamu dapatkan diksi dan irama yang indah, maka gebetan kammu akan semakin sayang. 

4. Merangkai Kata

Setelah mendapatkan tema dan mendapatkan diksi dan rima yang pas, maka inilah saatnya untuk menulis puisi. Ungkapkan segala hal yang sedang kamu rasakan, kemudian tuangkan dalam bentuk 

tulisan. 

Ekspresikan semua yang ada di dalam hati dan pikiran. Cobalah untuk jujur dari hati saat menulis puisi.

Setelah itu, perhatikan kembali pemilihan kata serta rima yang kamu tulis. Sehingga, puisi yang akan kamu rangkai katanya dengan indah dan penuh makna. 

Tentu saja gebetan kamu akan makin sayang melihat puisi yang kamu buat sendiri sesuai dengan isi hati kamu. 

5. Judul Menarik

Judul bisa dibuat sebelum kamu menulis puisi. Tetapi, biasanya untuk pemula, mencari judul menarik setelah selesai menulis puisi. 

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membaca ulang puisi yang telah kamu buat. Setelah itu carilah kata kunci dalam setiap bait puisi kamu. 

Kemudian tentukan judul puisi yang paling tepat, pas dan menarik yang mampu mewakili seluruh isi dari setiap bait puisi kamu. 

6. Proses Pengendapan 

Setelah puisi selesai ditulis dan judul sudah ditemukan, maka langkah selanjutnya adalah proses pengendapan, dalam tahap ini kamu cukup mendiamkan puisi kamu 7-10 hari. 

Hal ini dilakukan untuk memperbaiki tulisan puisi yang sudah kamu buat. Sehingga saat koreksi beberapa kesalahan penulisan yang ada dalam puisi yang kamu buat. 

7. Koreksi dan Perbaiki

Pada proses ini kamu bisa lakukan dengan membaca ulang dengan cermat setiap bait puisi yang telah kamu tulis, jika terdapat kesalahan atau kata yang kurang sesuai, kamu bisa memperbaikinya. 

Berita Lainnya

Index