Polda Riau Tilang 9.889 Pelanggar Lalu Lintas

Polda Riau Tilang 9.889 Pelanggar Lalu Lintas
Polda Riau Tilang 9.889 Pelanggar Lalu Lintas

RIAUTERBIT.COM- Jajaran Kepolisian Daerah Riau menilang sebanyak 9.889 pelanggar lalu lintas selama dua pekan digelarnya Operasi Zebra 2015.

"Pelanggar lalu lintas terbanyak dilakukan oleh pengendara roda dua dengan jumlah tilang mencapai 7.993 kali. Sementara roda empat sebanyak 1.896 kali tilang," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Operasi Zebra digelar oleh jajaran Dirlantas Polda Riau dan jajaran Polres se Riau sejak 22 Oktober 2015 hingga 4 November 2015.

Guntur menjelaskan, Polresta Pekanbaru merupakan jajaran dengan jumlah tilang terbanyak yang mencapai 2.932 tilang. Sementara itu Kabupaten Siak menduduki peringkat dua dengan pelanggar lalu lintas terbanyak yang mencapai 1.019 tilang.

Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan daerah dengan pengendara lalu lintas yang sedikit lebih tertib karena jumlah tilang yang dikeluarkan hanya 91 kali tilang.

Lebih lanjut, Guntur mengatakan bahwa jumlah tilang yang dikeluarkan Jajaran Polda Riau meningkat dibandingkan pada 2014 dengan 714 tilang. Sementara itu selama Operasi Zebra tercatat sebanyak 40 kasus kecelakaan lalu lintas dengan delapan orang meninggal dunia.

"Kecelakaan terbanyak terpantau di wilayah hukum Polres Siak dengan 9 kasus. Mayoritas penyebab kecelakaan disebabkan pengendara yang tidak mematuhi aturan lalu lintas karena saling mendahului serta pindah jalur tanpa berhati-hati," ujarnya.

Kerugian materil yang disebabkan akibat kecelakaan lalu lintas yakni sebesar Rp263,65 juta.(*)
 

Berita Lainnya

Index