PJ Bupati harus waspada ada oknum mencatut nama sejumlah ninik mamak se-Kampar

PJ Bupati harus waspada ada oknum mencatut nama sejumlah ninik mamak se-Kampar
Beredar surat palsu mengatasnamakan ninik mamak

Bangkinang --Beredar surat mencatut sejumlah nama ninik mamak Kabupaten Kampar yang mengklaim dirinya sebagai Forum Ninik Mamak dan Anak Kemenakan se Kabupaten Kampar.

Bahwa keberadaan Forum hanya di buat untuk kepentingan politik oleh oknum, salah seorang diantara nama yang dicatut dalam surat adalah Prof. Dr. H. Amir Luthfi, M ADATUK BANDARO SATI. 

Herizal Datuk Kholifah Kuntu mengatakan keberatannya atas dicatutnya sejumlah nama ninik mamak.

Herizal mengatakan bahwa sampai saat ini sudah ada keberadaan Lembaga Adat Kampar (LAK) sebagai wadah komunikasi datuk datuk se Kabupaten Kampar sehingga tidak perlu lagi ada forum komunikasi ninik mamak lainnya.

“Saya tidak mengatakan itu ilegal, namun forum itu hanya semacam grup WhatsApp yang tidak ada struktur kepengurusannya” kata Herizal dt Kholifah Kuntu.

Lebih lanjut Herizal mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan tabayun langsung ke Prof. Dr. H. Amir Luthfi, M ADATUK BANDARO SATI dan didapatkan kesimpulan bahwa namanya dicatut oleh oknum.

Tadi siang kami bertemu langsung dalam ragka persiapan penobatan PJ Bupati akan dinobatkan sebagai payung panji Kabupaten Kampar.

Perihal namanya dicatut itu ditanyakan langsung oleh Nasrun Niniok Datuk Rajo Dubalai Kampar, Profesor mengatakan bahwa namaya dicatut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Forum itu tidak ada kepengurusan, namanya hanya dicatut tanpa izin, jelas Herizal dt Kholifah Kuntu yang hadir menemui Amir Lutfi   di Universitas Pahlawan.

Sebagaimana diketahui beredar surat dari MARWAS DATUK BESAR KHALIFAH KAMPAR KIRI, yang diterima redaksi kamis malam.

Berikut isi surat mencatut nama ninik mamak

Kepada Yth,Bapak PJ. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol Bismillahirrohmanirrohim,  Assalamualaikum, Wr, Wb.Dengan Hormat,Terlebih dahulu kami mendo’akan semoga bapak Pj. Bupati Kampar selalu sehat wal‘afiat dalam lindungan Allah SWT untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, Aamiin Ya Robbal‘Alamin.

Sehubungan telah dilantiknya Pj. Bupati Kampar dan kami melihat bahwa pak Pj. Bupati Kampar telah membuktikan bekerja dengan baik untuk membantu lajunya pertumbuhan ekonomi masyarakat, mensejaterakan masyarakat dan membantu anak kemenakan kamidalam membuka peluang usaha baik dari segi pertanian, perikanan dan UMKM yang adadisetiap negeri di Kabupaten Kampar.

Kami Pucuk Negeri, Ninik Mamak dan Anak Kemenakan se Kabupaten Kampar (Daftar Terlampir) menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Pj. Bupati Kampar atas kepedulian dan perhatiannya terhadap adat istiadat, masyarakat dan budaya dalam bingkai kerjasama tali bapilin tigo serta membantu anak kemenakan dibidang pendidikan, ekonomi dan tenaga kerja. Untuk itu kami atas namaPucuk Negeri, Ninik Mamak dan Anak Kemenakan se Kabupaten Kampar, mendukung penuh program Bapak Pj. Bupati Kampar yang pro rakyat, oleh karena itu kami tidak mau adapihak-pihak yang ingin mengganggu lajunya program yang dicetus oleh Bapak Pj. BupatiKampar.

Disisi lain kalau ada anak kemenakan kami yang berharap pangkat, jabatan, posisi dilingkungan Pemda Kampar, kami memberikan ruang kepada Bapak Pj. Bupati Kampar yang seluas-luasnya untuk menentukan siapa, menduduki apa, jabatan apa dan untuk siapa serta sesuai dengan keahliannya Apabila ada oknum anak kemenakan kami yang mengatas namakan Ninik Mamak Se Kabupaten Kampar, untuk mendapatkan suatu jabatan penting dalam struktur organisasi Pemerintah Kabupaten Kampar dengan mengatas namakan Lembaga Adat Kampar (LAK), kami berharap kepada Bapak Pj. Bupati agar memberitahu kami terlebih dahulu.

Terkait ada isu-isu tersebut, perlu kiranya kami menetralisir hal ini, dan merasa perlu memberikan penjelasan kepada bapak tentang hal-hal sebagai berikut:

1. Forum Komunikasi Ninik Mamak Se Kabupaten Kampar ini, sebagai wadah menyampaikan aspirasi Ninik Mamak dan Kemenakan Se Kabupaten Kampar.FORUM KOMUNIKASI NINIK MAMAK SE-KABUPATEN KAMPAR

2. Lembaga Adat Kampar (LAK) adalah wadah tempat berhimpunnya Ninik Mamak seKabupaten Kampar, tidak bisa dijadikan sebagai alat politik dan kepentingan pribadiuntuk menduduki jabatan penting di organisasi Pemerintah Daerah kabupaten Kampar.

3. Di Kabupaten Kampar setiap Kenegerian Ninik Mamak mempunyai hak peto masingmasing dinegerinya yang tidak bisa diintervensi oleh negeri manapun apalagi olehLembaga adat Kampar (LAK).

4. Kami Pucuk Negeri, Ninik Mamak dan anak Kemenakan se Kabupaten Kampar memberihak wewenang penuh kepada Bapak Pj. Bupati Kampar untuk menentukan Perangkat Daerah sebagai pembantunya dalam menjalankan roda pemerintahan di KabupatenKampar.

5. Untuk menjaga keseimbangan dan komunikasi antar ninik mamak dan antar Lembaga adat yang ada di Kab Kampar, kami berharap untuk sementara menjadikan forum ini menjadi alat fasilitator antar Ninik Mamak dan antar Lembaga Adat, dikarenakan di Kabupaten Kampar ini ada LAK dan ada LAM. 

untuk menetralisir semua Lembaga ini kami berharap kepada Bapak Pj. Bupati Kampar untuk mengundang forum ini guna untuk memberikan informasi dan masukan kepada bapak Pj. Bupati Kampar agar tidak terjadi salah penafsiran oleh Anak Kemenakan Kami.

Demikianlah surat penjelasan tentang kedudukan dan fungsi Ninik Mamak se KabupatenKampar, untuk dapat menjadi maklum oleh Bapak Pj. Bupati Kampar.

FORUM KOMUNIKASI NINIK MAMAK SE KABUPATEN KAMPAR Ketua H. MARWAS DATUK BESAR KHALIFAH KAMPAR KIRI, Sekretaris  Ir. H. AHMAD SUHAILI, SH, MH DATUK INDO KOMO. Mengetahui Pembina,Prof. Dr. H. Amir Luthfi, M ADATUK BANDARO SATI.

 Tembusan kepada Yth.

1. Menteri Dalam Negeri di Jakarta

2. Bapak Gubernur Riau di Pekanbaru.

Berita Lainnya

Index