Pemkab Kampar Gelar Rapat Persiapan Akhir Tour De Muara Takus

Pemkab Kampar Gelar Rapat Persiapan Akhir Tour De Muara Takus

Bangkinang,-Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M, Si pimpin rapat persiapan akhir penyelenggaraan Tour De Muara Takus (TDM) yang akan diselenggarakan tanggal 12 Nopember 2022 mendatang.

Rapat akhir terkait TDM tersebut digelar di Ruang Rapat Kantor Bupati Kampar pada Kamis (3/11). Hadir dalam rapat tersebut seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Satuan Pamong Praja (Kasatpol PP), Camat XIII Koto Kampar Zulfikar, Camat Kampa Dedi Herman serta seluruh Kepala Desa se-kecamatan XIII Koto Kampar.

Dalam arahannya Yusri menekankan agar seluruh panitia berperan sesuai dengan tanggung jawab masing-masing mulai dari pit stop Pertama, Istana Kampa, pitstop Kedua Balai Bupati Kampar, pitstop Ketiga Dermaga Gulamo dan Finis di Candi Muara Takus.

Yusri menjelaskan, kita ketahui bersama panjang rute yang dilalui  TMD lebih kurang 125 Kilometer tersebut juga akan diikuti langsung Kapolri Jendral Sigit Listyo Prabowo serta Peserta dari Negara jiran Malaysia.

"dengan akan dilaluinya beberapa Pit Stop atau Persinggahan, sebagai Tuan Rumah, Pemda Kampar bersama Dinas terkait, Camat, Kades, Ninik mamak, Kepsek serta Masyarakat untuk bersama memberikan pelayan terbaik "Pinta Yusri".

Menurutnya, Tour yang akan dilaksanakan 12 November 2020/2 tersebut akan dilepas di Mapolda Riau Pekanbaru pukul 06.00 Wib. Kemudian diperkirakan akan sampai di Pit Stop pertama di Rumah Adat Kesultanan Kampa Kecamatan Kampa pukul 07.30 Wib.

"sampai di Istana akan dilakukan penyambutan dengan menyediakan makanan rebusan-rebusan, kopi teh dan air mineral, selain itu, juga akan disambut dengan Pengalungan Bunga yang diiringi musik tradisional calempong. Begitu juga para ninik mamak dan seluruh pucuk adat disetiap lokasi menggunakan pakaian Adat".Terang Yusri lagi.

Selanjutnya di Pit Stop kedua yakni Rumah Dinas Bupati Kampar. Disini sama hal nya dengan Pit Stop Pertama disambut dengan Pengalungan Bunga, diarak dikiu Gubano dan diiringi musik gambus. Kemudian juga disediakan makanan setengah berat berupa Sate, Soto, Es Tebak, Lopek Bugi dan Palito Daun.

Kemudian di Pit Stop Ketiga yakni Dermaga Gulamo, disini disediakan makanan rebusan dan minumam air kelapa muda. Dari Darmaga Gulamo sendiri, para Pembalap Baru akan mulai melakukan balapan hingga sampai di Finish Candi Muara Takus.
 
Finish di Candi Muara Takus, Makan Bajambau untuk VIP  dimulai dengan Basiacuong, Nasi Kotak dan Nasi Bungkus dan Minumam Dekla sudah tersedia. Diiringi Soud Madas, para Peserta akan hibur oleh Artis yang telah di kondisikan Panitia.

Pemda Kampar akan memberikan kebebasan untuk para UMKM atau Pedangang dalam menjual apapun bentuk dagangannya. Baik menggunakan tenda, gerobak dan lainnya

Selain penyambutan disetiap Pit Stop, Yusri juga mengingatkan agar di seluruh titik atau Pit stop ada pelayanan kesehatan lengkap dengan mobil ambulancenya. Begitu juga dengan Kecamatan dan Desa yang dilewati Pembalap agar memasang umbul - umbul serta disambut para Anak Sekolah.

Selanjutnya untuk seluruh Dinas, Kecamatan dan Desa agar dapat berpartisipasi dengan memasang Baliho di jalan Rimbo Panjang Tambang sampai simpang Candi Muara Takus XIII Koto Kampar. Sementara dari simpang ke Candi akan diisi bener dari seluruh Perusahaan, Koperasi dan Dunia Usaha lainnya yang ada di Kampar.

Terakhir, Yusri atas nama Pemda Kampar berharap semoga Event Tou de Muara Takus ini bisa berjakan dengan lancar. Sehingga tahun berikutnya Event ini bisa kita laksanakan dengan Sponsor penuh pihak ketiga pihak luar.(rilis)

Berita Lainnya

Index