Segera Daftarkan Tim Anda di Turnamen Sepakbola U-40 Omputaka Cup I 2022 Piala Pj Bupati Kampar

Segera Daftarkan Tim Anda di Turnamen Sepakbola U-40 Omputaka Cup I 2022 Piala Pj Bupati Kampar

BANGKINANG - Tim Sepakbola Ompek Puluo Tahun Kate (Omputaka FC) akan menggelar turnamen sepakbola diatas usia 40 tahun bertajuk Omputaka Cup I 2022 memperebutkan Piala Pj Bupati Kampar bersempena Hari Bela Negara yang akan dimulai 1 Desember 2022 mendatang.

Demikian disampaikan Ketua Umum Omputaka FC Yurnalis Basri, S.Sos, M.Si kepada wartawan, Senin (31/10/2022). Pria yang juga akrab disapa Udo NBO (Nalis Basri Ocu) ini mengatakan, turnamen yang akan memperebutkan total hadiah Rp 15 juta (Rp 10 juta untuk juara I dan Rp 5 juta untuk juara II). Turnamen mulai dibuka pada 1 Desember 2022 mendatang. Seluruh pertandingan dilaksanakan di Stadion Anggun-anggun Muara Uwai, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Pertandingan digelar setiap hari Jum'at, Sabtu dan Ahad dengan sistem gugur. 

Sesuai dengan nama iven ini, Turnamen Sepakbola U-40 Omputaka Cup I 2022, pesertanya (pemain) berusia minimal 40 tahun dengan dibuktikan kartu tanda penduduk asli (KTP) asli saat pertandingan. Namun untuk memberikan kesempatan kepada pemain berusia diatas 50 tahun, panitia membuat kebijakan bahwa setiap tim wajib mendaftarkan dua orang pemain berusia diatas 50 tahun.

Pria yang juga menjabat Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pemerintahan Hukum dan SDM itu mengatakan, Omputaka FC yang terhitung baru berdiri yakni pada 16 Juni 2022 lalu itu 
memutuskan tempat penyelenggaraan turnamen ini di Stadion Anggun-anggun Muara Uwai karena Omputaka memberikan kesempatan kepada masyarakat setempat memanfaatkan momen ini untuk mengais rezeki. "Saya berpikir, berpandangan supaya bangkit ekonomi masyarakat kita. Amak-amak, etek-etek dan kakak-kakak kita bisa membuka dagangannya. Sehingga membuka kesempatan bagi para pedagang mengais rezeki di situ," ulas Yurnalis.

Adapun salah satu tujuan turnamen ini digelar adalah untuk meningkatkan pembinaan cabang olahraga sepakbola, meningkatkan animo masyarakat berolahraga, khususnya sepakbola dan menggugah semangat para kawula muda untuk menekuni sepakbola dan menghindarkan dari pengaruh negatif bermain gadget.

"Kita melihat Kampar merupakan daerah yang memproduksi pesepakbola berbakat. Bahkan diusia 40 tahun keatas masih antusias dan semangat bermain. Ada juga edukasi yang kita berikan kepada generasi yang berada di bawah kita ini, artinya orang tua saja masih main, jadi pedulilah dengan olahraga. Jangan terlena dengan dunia gadget sekarang," tegas pejabat yang low profil ini.

Ia mengaku bahagia sekali atas sambutan masyarakat dan tim-tim karena hingga hari ini, Senin (31/10/2022) telah 23 tim yang mendaftar. Panitia berencana akan membatasi peserta 32 tim.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Putra Budiman, SE di tempat terpisah mengatakan, antusiasme masyarakat maupun klub-klub berusia diatas 40 tahun keatas untuk mengikuti turnamen ini cukup tinggi. "Baru dibuka pendaftaran sehari, antusias peserta sangat banyak. Dimana hari pertama pendaftaran saja sudah mendaftar sebanyak 12 tim dari berbagai daerah. Sekarang sudah terdaftar sebanyak 23 tim," ujarnya.  

Bahkan, diantara peserta ada tim yang berasal dari Sumatera Barat, diantaranya dari Batusangkar, Padang Panjang dan Payakumbuh.

Menurut rencana panitia membuka pendaftaran selama satu bulan dari tanggal 25 Oktober sampai 25 November 2022. "Namun apabila kuota sudah penuh sebelum batas waktu akan kita tutup dilanjutkan cabut undi," pungkas alumni Fakultas Ekonomi Universitas Riau ini.(rilis)

Berita Lainnya

Index