Pj Bupati Kampar Dilantik Sebagai Ketua DPD ADKI Provinsi Riau

Pj Bupati Kampar Dilantik Sebagai Ketua DPD ADKI Provinsi Riau

BANGKINANG - Pj.Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM dilantik sebagai Ketua DPD  Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Provinsi Riau yang dilaksanakan di Balai Bupati Kampar Bangkinang Kota,(23/10/2022) 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Gubernur Riau yang di wakili oleh Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pemerintahan, Hukum dan Sumber Daya Manusia (SDM), Yurnalis Basri S.Sos.M.Si, Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra.SH, Ketua Umum DPP Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Muhammad, Sekrearis  Jendral DPP (ADKI) Shafir Dahlepi Lontoh, Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil.SH, Wakil Kerua DPRD Kampar Repol.S.Ag, Dandim 0313/KPR Letkol. Arh . Mulyadi SIP, Kapolres Kampar AKBP. Didik Priyo Sambodo.SIK, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa Dan Lurah Se Kabupaten Kampar. 

Dalam sambutannya usai dilantik, Pj.Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM menyampaikan, dengan telah dilantiknya Pengurus Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Provinsi Riau, diharapkan kami mampu menjalankan amanah yang sudah ditetapkan dan semoga kami bisa menakhodai organisasi ini menjadi lebih baik sehingga desa-desa yang ada di Provinsi Riau maju dan sejahtera. 

Kepada seluruh Dewan Pengurus, saya berpesan untuk aktif dalam menjalankan kegiatannya dengan merepresentasikan pandangan dan kepentingan desa-desa di Provinsi Riau kepada Pemerintah serta organisasi dan lembaga lain yang relevan. 

Kemudian juga melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kapasitas desa, kualitas pengelolaan dan profesionalisme para aparatur Desa. 

Mengembangkan respon-respon proaktif guna pengembangan isu-isu pengelolaan desa melalui bentuk-bentuk kerjasama desa yang efektif. 

Bekerjasama dengan lembaga lainnya untuk memperkuat kapasitas Pemerintah Desa melalui kerjasama program, kerjasama sumber daya manusia, pendanaan dan lain-lain yang mendukung efektivitas program kerja ADKI. 

"ADKI dibentuk untuk menampung dan menyalurkan aspirasi Kepala Desa dan perangkat desa baik yang aktif maupun purna aktif atas dasar kesamaan pandangan dan pemikiran yang sama dalam membangunan desa kreatif dan masyarakat desa, namun kebhinekaan dalam kontek sosial, budaya, kemampuan moril dan material melalui visi dan misi, terwujudnya pemerintah desa dan masyarakat desa, maju, kuat, sejahtera dan demokratis". 

Beliau berharap Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADK1) dapat berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar pada 242 Desa di seluruh Kabupaten Kampar untuk membangun sinergitas sebagai upaya kepaduan strategis antara kebijakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa sehingga akan menciptakan tata kelola pemerintahan yang mampu melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien serta mendukung investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan dan meningkatkan desa kreatif mandiri. 

Secara Ekonomi, Kabupaten Kampar mempunyai banyak potensi yang masih dapat dimanfaatkan, terutama di bidang pertanian, perikanan darat dan parawisata serta Usaha Makro, Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk it Pemerintah Kabupaten Kampar terus berupaya mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam rangka peningkatan ekonomi secara merata di setiap Desa-Desa. 

Sehubungan dengan itu di Kabupaten Kampar begitu banyaknya produk-produk unggulan yang masih belum semuanya tersentuh, kita sangat bersyukur dengan adanya program Desa Kreatif yang di Canangkan oleh  Kementerian Parawisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno bersama Kementeriannya lainnya melalui Keputusan Menteri Pariwisata dan EkonomiKreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kepmen) Nomor 

KM/107/D.03/2021 Tahun 2021, dengan demikian percepatan peningkatan pembangunan serta ekonomi di desa akan mampu terwujud. 

Seperti kita ketahui, Desa kreatif adalah sebuah kawasan yang terletak di wilayah administratif Desa, Kelurahan yang masyarakatnya telah mengembangkan produk unggulan di satu atau lebih dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang memberikan nilai tambah dan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi Desa. 

Kami yakin dengan dukungan Kementerian-Kementerian khususnya Kementerian Parawisata Ekonomi Kreatif, desa-desa yang dulunya sulit dalam pengembangan potensi akan bisa menjadi lebih mudah dalam pengembangan di semua sektor. 

 

Kami yakin program Desa kreatif ini sebagai bentuk usaha gun meningkatkan serta mendapatkan kemampuan kreativitas penduduk desa di Kabupaten Kampar maka jadi kapabilitas dalam perbaikan ekonomi dengan terbukanya lowongan kerja. 

Sektor ekonomi kreatif yang mengutamakan kreativitas dan orisinalitas ide dapat berkembang apabila didukung dengan ekosistem yang baik. Pada konteks ini, wilayah pedesaan di Kabupaten Kampar. 

Memiliki sumber daya yang juga mumpuni seperti halnya di perkotaan. Pelestarian budaya, adat istiadat dan bahasa adalah aktivitas yang kerap ditemukan di pedesaan dan merupakan potensi yang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Ketua umum DPP ADKI Fikri El Aziz menyampiakan mengapa kita memilih Kabupaten Kampar, Kabupaten Kampar adalah bahwa Kabupaten dengan Desa terbanyak di Provinsi Riau 242 Desa yang ada di Kabupaten Kampar dan ada 23 Desa yang tertinggal kita memahami bahwa terletak di konserfasi Pj Bupati Kampar telah menyampaikan kepada Mentri Desa bagaimana konserfasi ini menjadi lahan yang produktif Desa kreatif adalah Desa 1 dalam solusi dalam meningkatkan percepatan ekonomi khususnya di Desa sangat tertinggal. 

Goorita ini bukan hanya menjadi stand up yang memiliki brand yang besar tetapi juga memiliki program yang kongkrit khususnya untuk melakukan percepatan dari pemasaran UMKM di Desa kreatif di Kabupaten Kampar. Selamat bertugas kepada bapak ketua DPD Provinsi Riau Bupati Kampar beserta jajaran semangatkan dan mengeluarkan Sinergi dan kolaborasi kita kesampingkan ego sektoral ego personal dan ego kelompok Karena eranya hari ini era kolaborasi Bagaimana kita bisa bersama-sama membangun Desa sudah ada 50 Desa kreatif yang di SK kan oleh Bupati merujuk dari keputusan Menteri Pariwisata terkait program Desa kreatif semoga 50 ini dan 50 dapat segera di inpengrasi menjadi Desa kreatif dapat bergerak intervensi mudah-mudahan di 2023 jadi Negara kita intervensi diusulkan program yang di usulkan DLHKnya ke Kementerian mudah-mudahan nanti bisa segera kita saksikan dalam program.(rilis)

Berita Lainnya

Index