Besok, Ketum DPP Apdesi Hadiri Pelantikan DPC Apdesi Kampar

Besok, Ketum DPP Apdesi Hadiri Pelantikan DPC Apdesi Kampar
Ketua Bidang OKK DPD Apdesi Provinsi Riau Harpin Bahrum Pitobas, S.Sos 

BANGKINANG - Jika tak ada aral melintang, besok, Sabtu (24/9/2022) Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Surta Wijaya akan kembali ke Riau. Kali ini akan menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Apdesi Kabupaten Kampar periode 2022-2027 dibawah kepemimpinan M Haris CH  yang akan dilaksanakan di Hotel Labersa, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. 

Hal tersebut dikatakan Ketua DPD Apdesi Riau melalui Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Kelembagaan (OKK) DPD Apdesi Riau Harpin Bahrum Pitobas, S.Sos  kepada sejumlah wartawan, Jum'at (23/9/2022) di Bangkinang.

Menurut Harpin, kehadiran Surta Wijaya yang kesekian kali di Riau sejak terpilihnya Abdoel Rakhman Chan (ARC) sebagai Ketua DPD Apdesi Provinsi Riau tidak terlepas dari bagusnya komunikasi ARC dan pengurus DPD dengan DPP.

"Apapun yang dilaksanakan oleh pusat pengurus DPD Apdesi Riau selaku ikut dan support dan mereka selalu memberikan dukungan," ujar Harpin.

Konsolidasi Pengurus DPC Capai 80 Persen

Terkait konsolidasi yang telah dilakukan pengurus DPD Apdesi Provinsi Riau dibawah kepemimpinan Abdoel Rakhman Chan, sejauh ini sesuai amanah dan rekomendasi dari rapat kerja daerah (Rakerda) IV DPD Apdesi Riau terkait konsolidasi organisasi di tingkat DPC atau kabupaten telah mencapai angka 80 persen.

Beberapa DPC telah sukses dan lancar menuntaskan tahapan musyawarah cabang (muscab) dan pelantikan ketua terpilih. "Kami meminta kepada beberapa DPC yang tahapannya sekarang ada muscab dan mempersiapkan pelantikan diharapkan berjalan sesuai target," imbuh Harpin.

Pengurus DPD kata Harpin mengapresasi pengurus DPC yang telah melaksanakan muscab dan pelantikan seperti DPC Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir. "Inhu dan Inhil sukses, sangat meriah. Dukungan datang dari Pemerintah Kabupaten dan banyak pihak," ulasnya.

Ia menambahkan, ARC selaku ketua DPD Apdesi Riau terus memberikan dukungan apalagi para pengurus DPC dan kepala desa di kabupaten kota dinilai sangat bersemangat dan antusias berhimpun di DPC Apdesi. "Kami yakin para pengurus DPC dan kepala desa dapat melaksanakan dengan sebaik-baiknya," kata Harpin.

Setelah pelaksanaan pelantikan pengurus DPC Apdesi Kabupaten Kampar, pada tanggal 26 September nanti akan menyusul pelantikan pengurus DPC Apdesi Rokan Hilir di Bagan Siapiapi.

Selanjutnya, DPD Apdesi Riau menargetkan pelantikan DPC Kabupaten Kepulauan Meranti pada bulan Oktober mendatang dan DPC Pelalawan pada bulan November. "Kawan-kawan DPC sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk melaksanakan pelantikan tersebut . Dari sepuluh DPC Apdesi sudah terbentuk dan terkonsolidiasikan dengan baik," kata Harpin.

Ia merasa yakin dan percaya seluruh program Apdesi Riau akan bisa dieksekusi dan dilaksanakan di seluruh kabupaten disamping program kerja masing-masing pengurus DPC Apdesi di seluruh kabupaten di Riau. "Untuk tingkat pusat pengurus Apdesi Riau selalu melakukan koordinasi. Apapun kegiatan DPP kita DPD selalu ikut," imbuhnya.

Selaku Biro OKK Harpin juga mengatakan bahwa dirinya terus memberikan semangat atensi, pemikiran bersama pengurus DPD Apdesi Riau lainnya untuk bisa konsolidasikan organisasi sampai ke tingkat kecamatan. "Setelah DPC pelantikan dan sk dimiliki maka tugas selanjutnya bagaimana kita bisa membentuk pengurus Apdesi sampai ke tingkat kecamatan," tegasnya.

Menurut Harpin ini tak terlepas dari tujuan agar terselenggaranya pemerintahan desa yang baik dan mengejar percepatan pembangunan dan memacu kesejahteraan masyarakat desa dimana inisiator dan motornya adalah para kepala desa yang bernaung di dalam organisasi Apdesi. "Kami melihat potensi kades yang siap bekerja di desa masing-masing. Ada kalangan tua dan ada dari kalangan muda. Mereka semua semangat, saling support," ujarnya.

Pengurus DPD Apdesi Riau terus mengharapkan dukungan dari Pemprov Riau dan Pemkab agar memberikan ruang bersinergi bagaimana membangun desa di Riau. "Sesuai tagline Apdesi jaya, desa maju Riau sejahtera, membangun Indonesia dari desa. Apdesi Riau siap membangun desa," pungkas Harpin.(rls)

Berita Lainnya

Index