Bupati Catur Launching Kampar.lapor.go.id di UP

Bupati Catur Launching Kampar.lapor.go.id di UP
Bupati Catur Launching Kampar.lapor.go.id di UP

BANGKINANG - Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH.MH melakukan launching Kampar.lapor.go.id, Selasa (12/4/2022) di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang.

Selain Lounching Aplikasi Kampar.Lapor.go,id, Bupati Kampar bersama Rektor Universitas Pahlawan Bangkinang Prof Dr Amir Luthfi, juga melakukan penandatanganan berita acara menyerahkan Internet Gratis kepada Universitas Pahlawan (UP) Tuanku Tambusai Bangkinang itu. 

Bupati Kampar yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi Imformatika dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril,S.STP, dan disaksikan langsung para kepala OPD dan para Mahasiswa/i Universitas Pahlawan.

Bupati Kampar dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam rangka kualitas layanan publik, maka sesuai dengan UU No 25 tentang layanan publik yang mengamanahkan bagi penyelenggara publik untuk menyediakan sarana pengaduan dalam pengelolahan pengaduan. 

Dia berharap dengan telah dilauching aplikasi ini hendaknya mahasiswa serta seluruh masyarakat dapat mengunakan dengan baik yang bersipat membangun. 

"Dengan adanya Kampar.lapor.go.id, masyarakat maupun mahasiswa dapat menyampaikan apa saja yang menjadi unek-unek atau masukan, kritik, saran yang bersifat membangun kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar," kata Catur Sugeng.

Sementara itu Rektor Universitas Pahlawan Bangkinang Prof Dr Amir Luthfi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Kampar melalui Bupati Kampar telah memilih Universitas Pahlawan dalam Lounching Aplikasi tersebut.

"Terima kasih telah memberikan kontribusi guna peningkatan sumber daya manusia dalam dunia digital melalui internet gratis untuk para mahasiswa. Di mana saat ini Universitas dalam penggunaan internet masih membebankan kepada setiap mahasiswa Rp 90 ribu/tahun. Namun dengan adanya program Pemkab Kampar seperti ini, alhamdulilah sangat membantu," ujarnya.

Prof Amir Luthfi juga menyampaikan bahwa sesuai dengan perencanaan UP, kedepan akan dilakukan perluasan taman baca seperti taman bunga Negeri Belanda dengan membuat meja-meja agar mahasiswa bisa duduk belajar dan membaca dengan menggunakan jaringan internet yang telah disediakan Pemkab Kampar melalui Diskominfo Kampar saat ini, tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kampar Yuriko Efril dalam laporannya menyampaikan, bahwa program ini merupakan layanan aspirasi dalam bentuk pengaduan secara online untuk menyampaikan aspirasi masyarakat yang ditujukan kepada aparatur penyelenggara publik.

Dia juga menyebutkan bahwa dalam aplikasi ini sudah terintegrasi secara nasional dalam satu sistem pengolahan yang disingkat dengan SP4N. Dan plikasi yang sudah resmi dilounching dapat diakses melalui Website www.lapor.go.id.

"Dengan demikian, apapun nantinya yang menjadi keluhan seluruh masyarakat bisa diajukan melalui aplikasi, dan langsung terkoneksi ke Kementrian. Dalam sistem, dua hari setelah seluruh aduan akan sampai OPD terkait serta Bupati Kampar bisa langsung  melihat melalui email," ucapnya.(Syaw)

Berita Lainnya

Index