LAMR-Kampar Dikukuhkan, Staf Ahli Gubri: Semakin Banyak Ormas, Semakin Banyak Wadah Berhimpun

LAMR-Kampar Dikukuhkan, Staf Ahli Gubri: Semakin Banyak Ormas, Semakin Banyak Wadah Berhimpun
Yurnalis saat menyapa Ketua DPH LAMR Kabupaten Kampar Datuk Seri Dr KH Mochammad Alwi Arifin, Lc

BANGKINANG - Rangkaian acara penabalan atau penobatan dan pelantikan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Kampar masa khidmat 2022-2027, di Kawasan Wisata Stanum, Bangkinang, Ahad (27/3/2022) berjalan lancar.

Prosesi penabalan Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAMR Kabupaten Kampar diantaranya ditandai dengan pemasangan tanjak, selempang dan keris kepada Ketua DPH LAMR Kabupaten Kampar Datuk Seri Dr KH Mochammad Alwi Arifin, Lc, S.Pd. Pemasangan tanjak dilakukan oleh Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau H Masrul Kasmy.

Kemudian pemasangan selempang oleh Ketua DPH LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar dan pemasangan keris oleh Ketua MKA LAM Riau yang diwakili Tarlaili Datuk Mudo. Kegiatan ini dilakukan setelah pembacaan sk pengurus oleh Sekretaris Umum LAM Riau Datuk H Yusman Hakim.

Dari pantauan, tak satupun pejabat dari Pemerintah Kabupaten Kampar yang hadir. Seperti diberitakan sebelumnya, pengurus Lembaga Adat Kampar menolak dan merasa kecewa dengan penobatan dan pelantikan pengurus LAMR Kabupaten Kampar pada hari ini.

Diantara 200an pengurus LAMR Kabupaten Kampar yang dilantik adalah Sekretaris Umum Drs Fakhrul Kamal, M.Pd dan Bendahara Umum H Syafrianto, SE, MH.

Turut hadir pada acara ini sejumlah pengurus DPH LAM Riau, sejumlah ketua LAMR kabupaten/kota, Majelis Kerapat Adat (MKA) LAMR Kabupaten Kampar H Raylus Nurdin Datuk Bosau, Ketua Dewan Kehormatan Adat LAMR Kabupaten Kampar Suhaili Husein Datuk Bandaro Mudo dan anggota diantaranya H Alfian, Yurnalis Basri, KH Ujang Umar, Ahmad Fikri, Suharmi Hasan dan lainnya.

Kemudian dari Polda Riau diwakili oleh Direktur Bimas Polda Riau, Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, Kapolres Diwakili Kasat Intel, Danyonif 132/BS diwakili Wadanyon, Dandim 0313/KPR. Turut hadir juga sejumlah ulama diantaranya Abuya KH Alaidin Athori, Lc sekaligus didaulat sebagai pembaca doa, para ninik mamak, cerdik pandai, pengurus LAM Riau, Ketua Apdesi Riau H Abdul Rakhman Chan.

Dengan penobatan atau penambalan ini, Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pemerintahan Hukum dan HAM yang juga merupakan pengurus penting di LAMR-Kampar, menyambut baik dan bangga banyak yang masuk dalam kepengurusan LAMR-Kampar. Karena menurutnya, semakin banyak ormas yang muncul, maka akan semakin banyak pula tempat berhimpun, terutama tentang adat istiadat.

"Saya menyambut baik telah dikukuhkannya Lembaga Adat Melayu Riau - Kabupaten Kampar. Semakin banyak ormas yang muncul semakin banyak wadah masyarakat untuk tempat berhimpun dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, terutama di bidang adat istiadat.(Syaw)

 

Berita Lainnya

Index