7 Cara Paling Mudah Memasak Makanan Sehat

7 Cara Paling Mudah Memasak Makanan Sehat
Sumber: pixabay.com

CARA memasak sehat dapat mempertahankan gizi dari bahan makanan sehingga dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Anda hanya perlu mengganti tekniknya dan menghindari beberapa bahan yang kurang baik untuk digunakan.

Kebiasaan hidup sehat harus dimulai dari sekarang. Hidup sehat merupakan investasi usia senja. Organ tubuh yang mendapat nutrisi dengan benar akan dapat berfungsi baik. Mulailah dari sekarang untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Perlu Dicoba! Ini 7 Cara Memasak yang Sehat

Tanpa disadari pola makan sehari-hari dapat menyebabkan menumpuknya residu di dalam tubuh. Akibatnya tubuh menjadi rentan terhadap serangan penyakit. Mulai sekarang biasakan pola hidup sehat dengan melengkapi nutrisi dan mengolah makanan secara benar.

Bahan-bahan alami lebih baik bagi kesehatan. Sebaiknya tidak mengkonsumsi bahan makanan tertentu secara berlebih. Usahakan untuk melengkapi nutrisi secara imbang. Konsumsi berlebih menyebabkan penumpukan di dalam tubuh dan memaksa organ bekerja lebih keras.

Dalam setiap menu makanan, perhatikan kandungan protein, lemak baik, vitamin dan juga serat. Lengkapi dengan air minum yang cukup. Atur pola makan sehingga kebutuhan semua nutrisi terpenuhi dengan baik.

Segera tinggalkan cara memasak makanan yang kurang tepat. Hal ini dapat menghilangkan nutrisi penting dan meninggalkan sampah yang menghambat proses metabolisme tubuh. Berikut beberapa cara memasak yang sehat:

Hindari bahan makanan yang banyak mengandung lemak

Tubuh memang memerlukan beberapa jenis lemak, namun dalam jumlah terbatas. Banyaknya lemak yang masuk ke dalam tubuh dapat menumpuk dan menutup organ yang menyebabkan tidak dapat bekerja secara maksimal.

Lemak juga merupakan bahan tidak dapat larut dalam air. Oleh karena it, jika konsumsi berlebih di dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan dengan mudah melalui sekresi. Zat ini juga dapat menyebabkan obesitas dan menjadikan susah bergerak.

Lebih baik menumis bahan makanan

Proses menumis memang membutuhkan minyak, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil. Selain itu, cara ini merupakan langkah memasak yang cepat sehingga tidak banyak menghilangkan nutrisi.

Sebaiknya gunakan jenis minyak yang sehat. Jangan menggunakan minyak bekas untuk menumis karena kotoran dari bahan makanan sebelumnya akan menempel dan masuk ke dalam tubuh.

Minimalkan penggunaan garam

Cara memasak makanan sehat berikutnya dengan meminimalkan penggunaan garam. Sebaiknya hindari bahan makanan yang sudah melalui proses pengawetan karena sudah mendapat tambahan garam.

Bahan makanan fresh jauh lebih baik. Selain sehat, rasanya juga lebih segar sehingga dapat menambah selera makan. Konsumsi garam secara berlebih dapat menyebabkan cairan terjebak di jantung dan paru-paru sehingga organ harus bekerja lebih berat.

Pilih bahan makanan organik

Sayur dan buah hasil panen dapat mengandung residu berbahaya bagi tubuh. Sisa pupuk dan pestisida yang tertahan pada bahan makanan bisa berpindah ke tubuh saat Anda mengkonsumsinya.

Sebaiknya pilih bahan makanan yang berasal dari proses pertanian organik. Cara tanam ini hanya menggunakan pupuk dan pestisida berbahan alami sehingga tidak mengandung zat kimia berbahaya.

Begitu juga pada saat memilih daging ayam dan ikan. Ayam kampung jauh lebih sehat dibanding dengan jenis negeri yang mendapat makanan dari konsentrat dan suntikan obat. Meski harganya jauh lebih mahal namun baik bagi kesehatan.

Jangan menambahkan MSG

MSG atau Monosodium Glutamat adalah zat penguat yang biasa ditambahkan dalam makanan untuk memberikan rasa gurih. Hindari penggunaannya karena Departemen Kesehatan tidak menyarankan konsumsi lebih dari 5 gr per hari. Anda bisa menggantinya dengan kaldu ayam asli atau jamur.

Salah satu cara memasak yang benar menurut ahli gizi dengan menghindari penambahan MSG. Selain menggunakan kaldu asli atau jamur, rempah-rempah seperti bawang putih dan bawang bombay dapat memberikan rasa gurih pada masakan.

Perbanyak bahan dengan kandungan protein

Protein adalah nutrisi yang penting bagi tubuh. Dalam proses metabolisme, protein mengangkut beberapa zat lain dalam kandungannya untuk proses pertumbuhan. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan pertumbuhan badan anak-anak terganggu.

Selain itu, protein juga berperan penting dalam penyembuhan dan menutup luka. Ada dua jenis protein berdasarkan asalnya, yaitu hewani dan nabati. Sumber protein hewani antara lain daging unggas, telur dan ikan. Sedang protein nabati dapat berasal dari kacang-kacangan, bayam dan brokoli.

Minimalkan penggunaan minyak goreng

Jika terpaksa menggunakan minyak untuk memasak, gunakan jenis minyak yang sehat. Meski harganya jauh lebih mahal namun penggunaannya lebih aman. Zaitun dan Canola merupakan bahan penghasil minyak sehat.

Selain membantu dalam proses mematangkan bahan makanan, juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menghindari resiko kanker. Anda tetap harus membatasi penggunaannya agar tidak ada penumpukan sisa zat di dalam tubuh.

Menggoreng bahan makanan dengan minyak dapat menghilangkan banyak nutrisi. Jadi makanan yang masuk hanya berupa “sampah” karena kandungan bahan pentingnya hilang. Selain itu, makanan hasil menggoreng banyak menyerap minyak yang akan masuk ke tubuh ketika Anda memakannya.

Makanan yang dimasak dengan cara menggoreng juga lebih banyak mengandung lemak dan kalori. Hal inilah yang menjadi penyebab cara memasak digoreng harus dihindari orang yang sedang proses diet.

Mengatasi hal tersebut, dapat Anda lakukan dengan menggunakan alat goreng tanpa minyak, yaitu Air Fryer Philips.  Anda dapat membeli alat masak modern ini dengan harga terjangkau di online shop Blibli. Pastikan sebelumnya Anda sudah mendapat informasi detail mengenai manfaat dan cara menggunakannya.

Blibli menyediakan berbagai alat masak modern yang dapat menunjang kesehatan keluarga dengan tetap mempertahankan gizi dari bahan makanan. Cara memasak sehat dapat mengoptimalkan konsumsi gizi dari bahan makanan dengan cara mengolah yang lebih higienis dan sehat. ***

#Makan

Index

Berita Lainnya

Index