Di Acara Tour de Kampung, Yurnalis Basri Sampaikan Program Strategis Gubri Syamsuar

Di Acara Tour de Kampung, Yurnalis Basri Sampaikan Program Strategis Gubri Syamsuar
Di Acara Tour Kampung, Yurnalis Basri Sampaikan Program Strategis Gubri Syamsuar

KAMPAR KIRI HULU - Staf Ahli Gubernur Riau, Yurnalis Basri, S.Sos, MSi melaksanakan kegiatan Tour de Kampung 2022. Tour de Kampung ini dilaksanakan di Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. 

Yurnalis bersama tim tour boedrex army tiba di Desa Tanjung Belit, tepatnya di pulau tongah sungai subayang. Mereka tiba sejak Jum'at, 18/2/2022) dengan bermalam membangun tenda hingga Ahad, 20 Februari 2022. 

Dalam acara silaturahmi ini sekaligus diskusi dengan dihadiri oleh kepala desa se-Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Sabtu (19/2/2022) tampak hadir kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatan Sipil Provinsi Riau diwakili oleh Kabid Pembagunan Ekonomi Kawasan Pedesaan Darwis, S.STP, MM, Plt. Kepala Dinas PMD Ambar Rustantini didampingi Kabid Usaha Ekonomi Desa Sumberdaya Alam dan Teknologi Tepat Guna Sopian Hadi. 

Selanjut juga hadir wakil ketua DPRD Kampar Fahmil, Kepala Inspektorat Kabupaten Kampar diwakili oleh Sekretarisnya Hafiz, ketua PABDESI Provinsi Riau Sopian Majo Sati, SH.MH, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bangkinang Kota Muhammad Hendra Yunal, MSi dan Kepala SMA Negeri 13 Kota Pekanbaru. 

Yurnalis Basri menyampaikan bahwa pada kesempatan kegiatan ini merupakan silaturrahmi sekaligus diskusi tentang pembangunan desa dan pengelola dana Bumdes. 

“Kegiatan ini merupakan, pertama ajang silaturrahmi, sekaligus untuk bertanya dan mendengarkan masukan, baik itu dari pihak PMD Provinsi Riau, PMD Kampar dan yang lainnya," jelasnya kepada para kepala desa dan undangan lainnya. 

Dia menjelaskan dalam agenda camping ini melakukan berbagai kegiatan, mengajak rombongan berjihad di bidang sosial, keagamaan dan kemasyarakatan. Dan 
Pemerintah Provinsi Riau bahwa menaruh harapan besar terhadap perkembangan desa, terkhusus perkembangan Bumdes. 

"Perkembangan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat desa, baik itu di bidang ekonomi, sosial dan agama merupakan program strategis Pemerintah Provinsi Riau saat ini.  Contohnya Pak Gubris Syamsuar, sudah dikucurkan anggaran Bankeu tiap tahunnya. Manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk perkembangan desa dan kesejahteraan masyarakat," ucap Yurnalis. 

Pada kesempatan ini, mantan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatan Sipil Provinsi  Riau ini menyerahkan santunan anak yatim yang ada di Desa Tanjung Belit. Dan juga menyerahkan bantuan alat olahraga sepak takraw kepada dua klub yang ada di Kecamatan Kampar Kiri Hulu. 

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas PMD Kampar, Ambar Rustantini mengapresiasi dan mendukung kegiatan seperti ini. Selain itu dia berpesan kepada kepala desa se-Kabupaten Kampar, khusus kepala desa yang hadir dalam acara ini agar selalu berkoodinasi dengan pihaknya, baik itu terkait dengan data maupun terkait hal lainnya tentang desa. 

"Kegiatan ini perlu didukung bersama, karena dihadiri oleh pihak-pihak yang terkait, sesuai dengan regulasi yang ada. Kami mengapresiasi dan selalu memberikan dukungan dalam kegiatan yang positif seperti  ini. Selain itu perlu juga saya sampaikan di sini, kami juga perlu data yang jelas terkait kegiatan yang ada di setiap desa. Baik itu data tentang perangkat, Bumdes. Dari tahun 2012 seluruh desa mendapatkan dana Bankeu dari Pemerintah Provinsi Riau. Dengan bantuan ini, saya juga menghimbau, bagaimana agar dana tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa," ucapnya. 

Selanjutnya Fahmil menyampaikan juga sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang positif yang digagas oleh Staf Ahli Gubernur Riau tersebut. Menurutnya kegiatan seperti ini bisa mencerdaskan aparat desa dan pengelola Bumdes untuk menggunakan dana Bankeu dengan benar, sehingga didapatkan kesejahteraan oleh masyarakat desa. 

Terakhir Kabid Pembagunan Ekonomi Kawasan Pedesaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatan Sipil Provinsi Riau, Darwis menyampaikan tentang cara atau teknis pengelolaan dana desa dan Bumdes kepada para kepala desa yang hadir. 

Selanjutnya Sekretaris Inspektorat, Hafiz mengingatkan kepala desa agar menggunakan dana desa dan Bumdes dengan benar, agar tidak bermasalah dikemudian hari dengan pihak hukum.(Syaw) 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Index