Dukung Kedaulatan Palestina, Tunisia Bantah Akan Normalisasi Dengan Israel

Dukung Kedaulatan Palestina, Tunisia Bantah Akan Normalisasi Dengan Israel

RIAUTERBIT.COM - Kementerian Luar Negeri Tunisia dalam pernyataan terbarunya menegaskan bahwa negaranya tidak berniat untuk menormalisasi hubungan dengan Israel dan sikapnya tidak akan terpengaruh oleh perubahan di kancah internasional.

Hal itu disampaikan kementerian pada Selasa (22/12) waktu setempat. Mereka mengatakan setiap laporan media yang mengklaim ada kemungkinan membangun hubungan diplomatik dengan Israel adalah palsu dan bertentangan dengan posisi resmi Tunisia tentang topik tersebut.

Mereka juga menegaskan kembali dukungannya untuk rakyat Palestina agar mendapatkan hak mereka secara utuh dan tidak berkurang.

"Sementara Tunisia menghormati posisi kedaulatan berbagai negara,  posisinya tidak akan terpengaruh oleh perubahan di kancah internasional," kata kementerian itu, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Rabu (23/12).

Pernyataan tersebut datang setelah beredar spekulasi bahwa Tunisia negara Afrika Utara itu akan menjadi negara terakhir yang menormalisasi hubungan dengan Israel, di bawah tekanan pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Sebelumnya, Maroko bergabung bersama sejumlah negara Arab yang menormalisasi hubungan mereka dengan Israel, menjadi negara Arab keempat yang menjalin kesepakatan dengan Israel, setelah UEA, Bahrain, dan Sudan.

Warga Palestina sendiri telah mengkritik kesepakatan normalisasi, dengan mengatakan negara-negara Arab telah membatalkan tujuan perdamaian dengan meninggalkan permintaan lama agar Israel menyerahkan tanah untuk negara Palestina sebelum dapat menerima pengakuan.(RMOL)

 

Berita Lainnya

Index