Kanada Segera Mulai Vaksinasi Covid-19

Kanada Segera Mulai Vaksinasi Covid-19

OTTAWA -- Pengiriman pertama vaksin Covid-19 di Kanada tiba pada Ahad (13/12) malam. Warga negara itu akan mulai mendapatkan suntikan vaksin pertama kemungkinan sehari berikutnya.

 

“Beberapa penerbangan (vaksin Covid-19) akan tiba malam ini. Beberapa penerbangan akan tiba besok. Beberapa truk akan melintasi perbatasan besok, jadi semuanya akan datang dalam satu atau dua hari mendatang," kata petugas yang menangani vaksin Kanada, Mayor Jenderal Dany Fortin kepada Canadian Broadcasting Corp.

 

Vaksin tersebut meninggalkan Belgia, tempat produksinya, pada Jumat (11/12). Kemudian melakukan perjalanan ke Jerman dan Amerika Serikat sebelum dipecah dan dikirim ke titik inokulasi di Kanada.

 

Sebanyak 30 ribu dosis awal vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer Inc dan BioNTech SE Jerman akan disalurkan ke 14 lokasi di sekitar Kanada. Kelompok yang paling rentan, termasuk orang tua di fasilitas panti jompo dan petugas kesehatan, akan menjadi yang pertama dalam antrean untuk disuntik.

 

Fortin menyatakan, jadwal distribusi berjalan sesuai rencana dan administrasi untuk vaksin perlahan-lahan akan ditingkatkan mulai minggu ini. “Tujuannya di sini adalah untuk memastikan bahwa kami terus memiliki vaksin tetes mata reguler dalam beberapa minggu mendatang,” katanya. 

 

Sebanyak 249.000 dosis vaksin Covid-19, menurut Fortin, ditarget berada di Kanada pada akhir tahun. Kanada diharapkan untuk menyetujui vaksin kedua dari Moderna Inc segera dan negara tersebut akan siap untuk menerima pengirimannya pada akhir minggu. 

 

Para pejabat berharap dapat menerima 6 juta dosis vaksin Pfizer dan Moderna sebelum akhir Maret. Setiap vaksin membutuhkan dua dosis, diberikan dengan jarak sekitar tiga minggu.

 

Penasihat medis senior di Health Canada, Supriya Sharma, mengatakan peninjauan vaksin Moderna sedang berlangsung dan data penting diharapkan muncul akhir pekan ini. Dia juga menguraikan panduan tentang reaksi alergi potensial terhadap suntikan Pfizer setelah laporan tentang dua insiden serupa pada hari pertama vaksinasi di Inggris.

 

Pemerintah Kanada pada Sabtu (12/12) mengatakan siapa pun yang memiliki alergi vaksin tidak boleh menggunakan vaksin Pfizer / BioNTech. "Jika Anda memiliki alergi terhadap vaksin atau vaksin ini atau komponen vaksin lainnya, Anda tidak boleh mendapatkannya. Namun, jika Anda memiliki alergi lain, Anda dapat melanjutkan dan mendapatkan vaksinasi," kata Sharma.

 

Kanada telah memiliki 454.852 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi, dengan 6.011 infeksi baru dilaporkan pada Sabtu. Sehari sebelumnya, pejabat kesehatan mengatakan Kanada memprediksi akan ada 12.000 kasus baru per hari pada Januari. (rep)

Berita Lainnya

Index