Jokowi: Selamat Memilih, Jangan Lalai Protokol Kesehatan 3M

Jokowi: Selamat Memilih, Jangan Lalai Protokol Kesehatan 3M

RIAUTERBIT.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut geralan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak hari ini dengan optimisme. Jokowi meyakini, Indonesia sudah cukup berpengalaman dalam menghelat pesta demokrasi besar seperti pemilihan umum (pemilu) dan pilkada serentak. Hanya saja, ia mengingatkan bahwa pilkada serentak hari ini, di 270 daerah terdiri dari sembilan pilkada provinsi dan 261 pilkada kabupaten/kota, punya tantangan yang tidak sepele.

"(Pilkada) diselenggarakan di era pandemi. Selain harus berjalan demokratis, ada yang tak boleh diabaikan dalam pilkada serentak ini, yakni protokol kesehatan," kata Presiden Jokowi dalam pesan yang diunggahnya di media sosial, Rabu (9/12). Jokowi mengingatkan pula, pelaksanaan protokol kesehatan yang menjadi kunci sukses pilkada serentak kali ini perlu dilakukan bukan tanpa alasan. Keselamatan dan keamanan masyarakat yang ikut hadir di TPS menjadi alasan utamanya.

"Selamat memilih. Jangan pernah lalai memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan (3M)," kata Presiden Jokowi.
Hari ini, pelaksanaan pilkada serentak dilakukan setelah mengalami dua kali penundaan. Semula, pilkada 2020 dijadwalkan pada Maret 2020. Namun pandemi Covid-19 membuat pelaksanannya mundur ke September 2020. Pandemi yang belum reda akhirnya membuat pilkada ditunda kembali, ke Desember 2020.
(rep)

Berita Lainnya

Index