Bangun Pabrik Vaksin, Menristek Minta Dukungan Pemkot

Bangun Pabrik Vaksin, Menristek Minta Dukungan Pemkot

RIAUTERBIT.COM - Menteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, ada rencana pembangunan pabrik vaksin skala kecil di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) Serpong di Tangerang Selatan guna mendukung upaya pengembangan vaksin Covid-19 di Indonesia.

Dalam upaya membangun pusat pengembangan vaksin nasional tersebut, Bambang meminta dukungan dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), terutama soal perizinan. “Tentunya kami juga membutuhkan dukungan nantinya karena mungkin ada beberapa izin yang diperlukan,” ujar Bambang di Kantor Wali Kota Tangerang Selatan, baru-baru ini. 

Bambang mengatakan, dengan keberadaan pusat pengembangan vaksin nasional di Puspitek tersebut, dia berharap akan mempercepat upaya bangsa Indonesia untuk menghasilkan vaksin Covid-19. “Semoga menjadi sumbangan lainnya dari Puspitek Tangsel, dalam rangka upaya kita menghadapi pandemi,” lanjutnya. 

Dalam kesempatan itu, Bambang menerangkan secara langsung kepada Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany terkait dengan rencana pembangunan pabrik vaksin skala kecil di Puspitek Serpong tersebut, untuk benar-benar diberi perhatian dan dukungan. 

“Selain ada lab untuk penelitian yang tentunya sudah pasti harus mengikuti perizinan atau prosedur tertentu, di sebelahnya akan ada semacam pilot plant lain jadi pabrik vaksin skala kecil untuk memastikan vaksin yang sudah dihasilkan bibitnya. Bibitnya itu bisa mulai dibuat vaksin dengan jumlah atau skala kecil untuk uji klinis,” paparnya.(rep)

Berita Lainnya

Index