Demo Tuntut PM Malaysia Lengser Juga Muncul di Jakarta

Demo Tuntut PM Malaysia Lengser Juga Muncul di Jakarta
Puluhan warga Malaysia di Jakarta juga demo menuntut PM Najib Razak mundur. | (Sindonews/Victor Maulana)

JAKARTA , (Riauterbit.com) - Demonstrasi rakyat Malaysia untuk menuntut Perdana Menteri (PM) Najib Razak lengser tidak hanya terjadi di Kuala Lumpur. Warga Malaysia di Indonesia juga menggelar demo serupa di Jakarta, Sabtu (29/8/2015).

Puluhan warga Malaysia mengenakan kaus kuning bertuliskan "Bersih 4" berkumpul di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta. Mereka menyuarakan aspirasinya terkait dengan kondisi Malaysia saat ini, termasuk menuntut PM Najib mengundurkan diri.

Bersih sejatinya merupakan nama organisasi pro-demokrasi yang menggagas demo besar-besaran selama dua hari mulai Sabtu hingga Minggu besok di Kuala Lumpur. Organisasi itu menuntut reformasi di tubuh Pemerintah Malaysia yang dianggap sudah bobrok.

Demo pada hari ini sejatinya merupakan aksi keempat yang dilakukan oleh warga Malaysia. "Bersih, bersih, bersih," teriak demonstran yang menggelar aksi damai di Jakarta.

Puluhan warga Malaysia itu juga berencana menggelar aksi serupa besok. Mereka siap turun ke jalan di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat bersamaan dengan momen car free day.

Aksi kelompok "Bersih" di Malaysia terbentuk setelah muncul skandal dugaan korupsi di lembaga keuangan negara atau 1MDB, di mana PM Najib menjabat sebagai ketua dewan penasihat. Ketika muncul skandal itu, ada aliran dana multi-juta dolar ke rekening pribadi Najib.

Pihak Najib membantah tuduhan korupsi dan mengklaim aliran dana besar itu berasal dari donatur Timur Tengah yang sampai saat ini masih misterius. (mas)


Source: sindonews
 

Berita Lainnya

Index