Hari ini 10 Hotspot Terdeteksi di Riau

Hari ini 10 Hotspot Terdeteksi di Riau

RIAUTERBIT.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat hari ini ada 10 titik panas atau hotspot di provinsi Riau.

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Mia Vadilla mengatakan, 10 hotspot terpantau di 5 wilayah dengan sebaran terbanyak berada di Indragiri Hulu. 

"Dibandingkan dengan hari sebelumnya memang terjadi penurunan hotspot. Hari ini terpantau 10 titik," ujar Mia, Sabtu (1/8/2020). 

Ia mengatakan, 10 hotspot tersebar di 5 wilayah yakni Indragiri Hulu 4 titik, Pelalawan dan Rokan Hulu masing-masing 2 titik. "Selanjutnya adalah Kampar dan Siak masing-masing satu titik," cakapnya.

Dari jumlah tersebut, tak ada satupun yang berada di level tinggi. Delapan titik berada di level sedang dan 2 titik berada di level rendah. Hal ini bisa diartikan di 10 wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan. 

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," imbaunya. 

Kemudian untuk cuaca hari ini sebagian wilayah masih berpotensi diguyur hujan pada siang hingga malam hari. 

"Siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru," sebutnya. 

Sementara malam hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Pelalawan, dan Kota Pekanbaru. 

"Untuk dini hari cuaca cerah berawan, tak ada potensi hujan," ujarnya.(ckc)

Berita Lainnya

Index