Bila taman nasional ini meletus, Amerika berubah jadi neraka

Bila taman nasional ini meletus, Amerika berubah jadi neraka
Terletak dinegara bagian Wyoming, Montana, dan Ihaho, Taman Nasional Yellowstone adalah pusat geiser dan sumber air panas terbesar di Amerika. Namun, penelitian terbaru menyatakan bila Yellowstone adalah bom waktu yang bisa merubah Amerika menjadi neraka.

Riauterbit.com - Terletak dinegara bagian Wyoming, Montana, dan Ihaho, Taman Nasional Yellowstone adalah pusat geiser dan sumber air panas terbesar di Amerika. Namun, penelitian terbaru menyatakan bila Yellowstone adalah bom waktu yang bisa merubah Amerika menjadi neraka. Bagaimana bisa?

Menurut situs HowStuffWorks dan USGS (organisasi survei geologi Amerika), Yellowstone berada di atas kantung magma raksasa yang sebelumnya pernah meletus sekitar 640.000 tahun silam. Tidak heran bila akhirnya Yellowstone kerap disebut gunung berapi super.

Menurut data USGS, gunung berapi di bawah Yellowstone sudah tidak menunjukkan aktivitas vulkanik sejak 70.000 tahun lalu.

Namun ilmuwan percaya bila gunung berapi Yellowstone akan meletus lagi di masa depan. Hal itu jauh dari kata mustahil mengingat kantung magma Yellowstone tercatat sebagai salah satu yang terbesar di Bumi.

Celakanya, bila Yellowstone benar-benar meletus, erupsinya diperkirakan setara dengan 1000 kali lipat erupsi gunung St. Hellens di tahun 1980. Padahal letusan St. Hellens sampai saat ini masih dianggap sebagai letusan gunung paling mematikan dalam sejarah Amerika.

Dampak letusan Yellowstone disebut dapat membunuh 90.000 orang dalam sekejap. Abu vulkanik akan dilontarkan setinggi 1.609 kilometer dan dengan cepat menutupi hampir seluruh kawasan Amerika.

Akibatnya, Amerika akan terisolasi dari penerbangan nasional atau internasional. Abu vulkanik yang ketebalannya bisa mencapai 3 meter itu akan cukup lama berada di angkasa dan menghalangi sinar matahari, Amerika pun akan mengalami musim dingin dadakan yang bisa membunuh banyak tanaman.

Hal itu masih belum termasuk polusi abu dan zat kimia beracun yang ikut terlontar bersama erupsi Yellowstone. Singkatnya, Negeri Paman Sam akan berubah menjadi neraka.

Yang membuat penduduk Amerika sedikit lega, kemungkinan Yellowstone mengalami erupsi dahsyat hanya 1:700.000. Berdasarkan laporan USGS pula, letusan Yellowstone tidak akan menjadi akhir dari Amerika seperti yang digambarkan di film bertema kiamat, '2012'.

Sumber: HowStuffWorks, Daily Mail, USGS

Berita Lainnya

Index