Harga TBS Merangkak Naik Pekan Ini

Harga TBS Merangkak Naik Pekan Ini

RIAUTERBIT.COM-Kabar gembira bagi para petani kelapa sawit di Riau. Pasalnya harga Tandan Buah Segar (TBS) untuk komoditi sawit di Riau pekan ke dua Agustus 2016 kembali merangkak naik. Kondisi ini merupakan kabar baik setelah pada pekan pertama bulan ini sempat mengalami sedikit penurunan. Peningkatan harga TBS cukup signifikan dengan angka Rp87,85.    

Sekretaris penetapan harga TBS sawit, Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Rusdi menyebutkan penguatan harga TBS pekan ini tak lepas dari membaiknya harga Crude Palm Oil atau CPO dan Kernel.   

"Kenaikan harga CPO disebabkan meningkatnya permintaan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri berbasis CPO di Pakistan dan India" tuturnya, Rabu (10/08/2016) di Pekanbaru.    

Menurutnya, meski demikian sedikit berbeda dengan harga CPO Malaysia yang relatif stagnan akibat belum meningkatnya permintaan dari China. Kondisi ini disebabkan pangsa pasar China pada akhir-akhir ini didominasi CPO Malaysia.   

Sementara untuk peningkatan harga kernel juga luar biasa, artinya permintaan kernel terdongkrak signifikan. Hal ini disebabkan peningkatan terhadap produk olahan berbasis kernel yang pada umumnya bernilai ekonomis tinggi. (frc)

Berita Lainnya

Index