Kisruh pelengseran Ketua KI Riau, Komisi I segera panggil pihak terkait

Kisruh pelengseran Ketua KI Riau, Komisi I segera panggil pihak terkait

Pekanbaru - Struktur pimpinan Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau periode 2021-2025 berubah. Perubahan tersebut berdasarkan hasil pleno pemilihan struktur pimpinan KI Riau, Senin (20/5/2024) lalu di Kantor KI Riau, Jalan Gajah Mada Pekanbaru. 

Menurut sumber Komisi I DPRD Riau diduga adanya interpensi Pj Gubri hingga Jufra Irwan dilengserkan dari jabatan ketua melalui pleno mendadak di KI Riau.

"Kami kaget , ketua komisi I bertanya, kenapa tidak ada koordinasi, intinya kita akan panggil komisioner KI untuk untuk dilakukan klarifikasi" kata anggota Komisi I yang enggan ditulis namanya.

Terkait pergantian struktur di KI Riau dibenarkan Sekretaris Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau.

"Iya, struktur pimpinan KI Provinsi Riau berganti. Pergantian struktur telah disepakati berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat di internal KI Riau," kata Sekretaris Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Devi Rizaldi, Selasa (21/5/2024). 

Pria yang akrab disapa Ade ini mengatakan, dari hasil rapat pleno pemilihan struktur pimpinan tersebut.

Ditetapkan Ketua KI Provinsi Riau yakni Tatang Yudiansyah menggantikan Jufra Irwan. 

"Ketua KI Provinsi Riau yang baru Tatang Yudiansyah. Kemudian ditetapkan juga Wakil Ketua Junaidi dan komisioner lainnya, di antaranya Koordinator Kelembagaan dan Regulasi dijabat Yulianti, Koordinasi Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi dijabat Asril Darma, Koordinator Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi dijabat Zufra Irwan," terang Ade. 

"Dalam rapat pleno tersebut juga dibahas evaluasi kinerja anggota KI Provinsi Riau periode 2021-2025 yang dipimpin oleh Zufra Irwan (Komisioner KI Riau)," terang Ade yang juga menjabat sebagai Sekretaris KI Provinsi Riau. 

Sementara itu, Tatang Yudiansyah saat dikonfirmasi perihal tersebut membenarkan, jika ia dipilih sebagai Ketua KI Provinsi Riau periode 2021-2025 melalu pleno pemilihan struktur pimpnan KI Riau.

"Iya (Ketua KI Provinsi Riau), mohon dukungan dan doa semuanya untuk melanjutkan estafet KI Provinsi Riau periode 2021-2025," ungkap Tatang. (*)

Berita Lainnya

Index