Tumbangkan Parisman, Caleg DPRD Riau dari Partai Golkar Ida Yulita Susanti menang berdasarkan C1

Tumbangkan Parisman, Caleg DPRD Riau dari Partai Golkar Ida Yulita Susanti menang berdasarkan C1
Politisi Golkar, Ida Yulita

Pekanbaru--Caleg DPRD Riau dari Partai Golkar, Ida Yulita Susanti yakin dapat memenangkan pemilu 2024, dan meraih kursi di Dapil Pekanbaru.

Hal ini disampaikan jurubicara Sahabat Ida Pekanbaru, bung Azam Kamis (22/2/2024).

“Sudah diangka 23 ribu masih belum termasuk sejumlah TPS di basis panam, bu ida sudah menang berkisar diatas 3 ribu suara dari Iwan Fatah (parisman,red) berdasarkan C1 yang kami punya,” katanya

Pihaknya  juga optimis Golkar bisa mendapatkan 2 kursi di dapil Pekanbaru. "Bisa saja golkar 2 kursi" tututupnya.

Laman resmi pemilu2024.kpu.go.id

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berhasil memuncaki perolehan suara sementara pada Pileg DPRD Riau 2024 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I yang mencakup wilayah Kota Pekanbaru. Ini berdasarkan data terakhir yang ditampilkan laman resmi pemilu2024.kpu.go.id, Kamis (22/2) hingga pukul 20.00 WIB.

Untuk sementara, PKS unggul di puncak dengan perolehan 47.419 suara atau 18,27 persen. Disusul Golkar pada posisi kedua dengan raihan 40.798 atau 15,8 persen. Nasdem berhasil meraih posisi ketiga dengan 31.488 suara atau 12,19 persen.

Lalu pada di posisi 4 hingga ke-9 berturut-turut ada Demokrat 29.816 atau 11.54 persen, PDI Perjuangan 27.444 atau 10,63 persen, Gerindra 21.206 atau 8,21 persen, PKB 17.569 atau 6,8 persen, PAN 17.435 atau 6,75 persen, dan PSI 8.325 atau 3,22 persen.

Sementara itu, partai lainnya, yang memperoleh kurang dari 5 persen, termasuk PSI yang berada posisi ke-9 peraih suara terbanyak. Ini membuat jumlah raihan suara partai-partai tersebut lebih kecil dari suara total sementara PKS sebagai pemuncak setelah dibagi tiga.

Dengan sandaran perhitungan adalah raihan data sementara 1.829 dari 2.756 TPS atau 66,36 persen dan dengan jumlah kursi sebanyak 9 kursi pada Dapil ini, maka 8 partai berpeluang besar meraih kursi DPRD Riau Dapil I 2024 ini. Perhitungan ini berdasarkan simulasi pembagian kursi metode Sainte Lague yang digunakan KPU.

Maka juga dapat disimpulkan, PKS dan golkar menjadi partai yang berpeluang meraih dua kursi DPRD Riau dari Dapil Pekanbaru ini. Tentu saja ini berdasar rekapitulasi sementara yang diterbitkan di laman Resmi KPU di pemilu2024.kpu.go.id.

Jumlah partai yang berpeluang lolos ini lebih banyak satu partai dari hasil Pileg penetapan KPU pada 2019 lalu yang hanya 7. Saat itu PKS dan Demokrat sama-sama meraih dua kursi, sementara sisanya dibagi masing-masing satu untuk Golkar, Gerindra, PDI-P, PAN, dan Hanura.

Ketua DPD Demokrat Riau Agung Nugroho optimistis raihan suara partai yang dipimpinnya meraih banyak suara bila dibanding pemilu periode sebelumnya. 

Agung menyebutkan, ada kenaikan suara yang cukup signifikan di beberapa daerah di Riau. Seperti Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis dan beberapa kabupaten lainnya.

“Tentu merupakan sebuah capaian yang luar biasa. Artinya masyarakat Riau sangat menaruh harapan dengan Partai Demokrat untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di parlemen,” sebut Agung Nugroho, Rabu (21/2) lalu.

Soal angka pasti raihan suara, Agung masih belum mau menyimpulkan. Meski pihaknya sudah menyiapkan saksi di seluruh TPS dan memiliki data C1, Agung menyebut Demokrat sangat menghormati proses yang tengah berlangsung di KPU.

“Yang jelas kami kan juga punya data C1 dari seluruh TPS. Namun begitu, proses penghitungan kan masih berlangsung. Kami optimis bisa dapat posisi pimpinan DPRD baik itu di tingkat provinsi dan beberapa kabupaten/kota,” ujarnya.(rls)

Berita Lainnya

Index