Telaah Shadow State Calon Kandidat Doktor Rencanakan Tinjauan Secara Akademik

Telaah Shadow State Calon Kandidat Doktor Rencanakan Tinjauan Secara Akademik

PEKANBARU - Tinjauan dengan Kunjungan yang direncanakan pada hari sabtu, (17/06/2023) oleh Mahasiswa Pascasarjana Program studi Doktor Administrasi Publik Universitas Riau mendapat respon baik oleh Bapak Zulfikar sebagai Camat di XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Menurut keterangan Delpi Susanti yang juga sebagai Peneliti/Konsultan Kebijakan Publik IAPA, Pasalnya dengan melirik dari kemajuan positif yang di proleh oleh beberapa Desa yang ada di Kecamatan XIII Koto Kampar yang salah satunya perolehan sertifikat Desa wisata berkelanjutan yang membuat boomingnya secara nasional keberhasilan beberapa desa ini membuat minat dan daya tarik tersendiri sehingga para calon kandidat Doktor Administrasi Publik ini memilih untuk merencanakan Tinjauan secara akademik ke Desa di Kecamatan XIII Koto Kampar ini.

Kecamatan yang berbatasan langsung dengan provinsi tetangga (Provinsi Sumbar) yang dilalui jalan negara menuju sumbar ±38 Km, jalan provinsi ± 39 Km, menuju Kabupaten Rokan Hulu dan poros atau Desa lainnya. Perencanaan Tinjauan Akademik ini difasilitatorkan oleh pihak pengelola Pasca Sarjana Universitas Riau Yaitu Dr. Adianto,Msi dibawah Naungan Prof. Dr. Sujianto yang sekaligus pengampu matakuliah Reformasi Administrasi Publik pada skala Pembangunan. Ungkapnya.

Lanjut menurut DS, Proses berjalannya Implementasi Desentralisasi merupakan wujud nyata dari pada berjalannya otonomi daerah sebagai mempersingkat atau memperdekat alur pelayanan atau manfaat pembangunan kepada masyarakat desa sebagai ujung tombak dari pemerintahan terwujudnya Kesejahteraan masyarakat desa melalui desentralisasi ini adalah wujud daripada amanat undang-undang dasar 1945. 

Di tengah gencarnya undang-undang Citaker beberapa dekade ini memunculkan polemic baru sebagai tuntukan reformasi administrasi public sehingga membuat pertanyaan besar juga dengan adanya isu isu terbaru terkait proses pembangunan yang akan dilaksanakan benarkah desentralisasi ini sudah terjalankan dengan optimal? Atau masih terdapat ambigu dalam pelaksanaan praktiknya dengan adanya tarik menarik kepentingan? Sehinga ketika terjadi keambiguan dalam pelaksanaannya bagaimana sejatinya proses pembangunan terkhusus desa yang ada di kecamatan xiii koto Kampar ini menjalankan roda pemerintahannya yang dilihat dari tingkat keberhasilan desanya mengelola pemerintahan desanya? Lalu murnikah polemic politik kabupaten dalam mendistribusikan kewenangan atau pelimpahan kewenangan kepada camat untuk berjalannya roda pemerintahan desa yang di harapkan ?atau justru terjadi shadow state yang menjadi isu seksi yang menasional dikalangan akademisi sekarang ini? Lalu apa dampak yang akan muncul ketika shadow state ini benar benar ada kepada pemerintahan desa? Untuk itulah dirasa penting atau urgen kalangan akademisi dengan baground calon kandidat doctor ini perlu melakukan tinjauan secara akademisi. Tandas Ds secara lugas.


OLEH : Delpi Susanti
Calon Kandidat Doktor 
Universitas Riau

Berita Lainnya

Index