Helmi Jazid : Selamat bertugas PJ Bupati Kampar yang baru

Helmi Jazid : Selamat bertugas PJ Bupati Kampar yang baru

Firdaus : Kalau saya melanggar fakta integritas, saya siap untuk diberikan sanksi

PEKANBARU - Tokoh senior Golkar Kampar Helmi Jazid mengucapkan selamat bertugas kepada Muhammad Firdaus PJ Bupati Kampar yang baru.

"Masyarakat menunggu dedikasi dan kerja keras nya membangun Kampar, PJ baru juga harus tinggal di Bangkinang "kata Helmi kepada wartawan selas sore.

Helmi juga mengucapkan terimakasih atas pengabdian H Kamsol PJ Bupati Kampar yang lalu.

"Banyak karya dan pemikiran yang sudah di sumbangkan Kamsol kepada masyarakat Kampar, hingga barang kali adalah sosok salah satu pemimpin Kampar yang dekat dengan rakyat" katanya.

Lebih lanjut Helmi mengatakan bahwa Kamsol adalah bagian dari keluarga besar masyarakat Kampar dan sudah tercatat pernah memimpin di negeri serambi mekah.

(Tiga Pemimpin Kampar, PJ Kamsol, Firdaus dan Catur)

Firdaua Resmi dilantik

Gubernur Riau Syamsuar resmi melantik Muhammad Firdaus sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kampar, Selasa (23/5/2023). Pelantikan dipusatkan di Balai Serindit Gedung Daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Pelantikan diawali dengan pengucapan sumpah janji jabatan yang dipimpin langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar. Saat pelantikan Firdaus tampak mengenakan pakaian dinas upacara serba putih.

"Saya percaya saudara bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," kata Gubri Syamsuar saat membacakan SK pelantikan di Gedung Daerah, Selasa (23/5/2023).

Usai mengucapkan sumpah janji jabatan, Firdaus pun diminta untuk membacakan fakta integritas yang berisi poin-poin yang tidak boleh dilanggar selama dirinya menjabat sebagai Pj Bupati Kampar.

"Kalau saya melanggar fakta integritas tersebut, saya siap untuk diberikan sanksi," ujar Firdaus mengakhiri pembacaan fakta integritas.

Seperti diketahui, Firdaus yang saat Kepala Biro (Karo) Tata Pemerintahan (Tapem) Setdaprov Riau ditunjuk sebagai Pj Bupati Kampar sesuai Surat Keputusan (SK) nomor SK 100.2.1.3/3758/OTDA, tertanggal 19 Mei 2023 yang ditandatangani oleh Dirjen Otonomi Daerah, Suryaman Hidayat.

Firdaus dikenal sebagai salah satu birokrat yang bertugas di Pemprov Riau. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Riau.

Ia mengawali karir sebagai pejabat eselon dua (pejabat tinggi pratama) di Pemprov Riau pada posisi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Riau, 30 Desember 2016 silam.

Kemudian pada 7 Agustus 2017, Muhammad Firdaus dilantik sebagai Kepala ?BiroHumas, Protokol dan Kerjasama Setdaprov Riau.

Pada 1 Juli 2021, ia pun dilantik sebagai Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setfaprov Riau. Kala itu ia menggantikan posisi Sudarman yang memasuki usia pensiun.

Firdaus dikenal sebagai salah satu putera dari Srikandi Riau, Maimanah Umar. Tokoh pendidikan Riau ini menjabat sebagai anggota DPD RI selama 3 periode mewakili Provinsi Riau.

Kerabat Firdaus dikenal banyak berada di lingkungan birokrasi pemerintahan dan bermain di ranah politik. Saudara perempuannya, Misharti saat ini menjabat sebagai anggota DPD RI, serta Maryenik merupakan sosok politisi Partai Golkar Provinsi Riau.

Selain itu, disaat yang sama Gubri Syamsuar juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) perpanjangan Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. (*)

Berita Lainnya

Index