Begini Cara Bermain Saham Bagi Investor Pemula

Begini Cara Bermain Saham Bagi Investor Pemula

Seperti halnya dalam merinis sebuah bisnis, yang mana bermain saham bagi pemula juga tidak boleh ceroboh saat mengambil keputusan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena saham adalah salah satu jenis investasi yang berlaku untuk jangka panjang agar bisa menghasilkan keuntungan besar.

Dengan kata lain, ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh pemula sebelum memutuskan untuk bermain saham. Lantas, hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Memahami Investasi Saham

Biasanya investor pemula hanya mengetahui bahwa permainan saham itu bisa mendatangkan keuntungan besar. Padahal, dalam bermain saham juga terdapat berbagai risiko yang berpotensi menimbulkan kerugian besar lho.

Maka dari itu, permainan saham membutuhkan strategi, kesabaran, dan wawasan yang mendalam sehingga nantinya kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar.

2. Mencari Informasi yang Valid

Dikutip dari Fortune Indonesia: Berita bisnis, Ekonomi & Saham hari ini, Dengan adanya teknologi digital yang semakin canggih, tentu saja untuk mendapatkan informasi yang valid seputar investasi saham bisa dilakukan dengan mudah. Dalam hal ini, kamu dapat mengakses langsung ke berbagai website valid seperti BEI (Bursa Efek Idonesia) dan lain sebagainya.

Dengan mendapatkan informasi yang valid, secara otomatis kamu akan mengetahui seluk beluk seputar pasar saham.

3. Gunakanlah Modal Secara Bijak

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa modal merupakan poin yang paling penting dalam bermain saham. Pastinya hal ini wajib diperhatikan, mengingat saham adalah suatu media dengan modal minim. Bahkan, kamu pun bisa menanam saham dengan modal Rp 100 ribu saja.

Dengan adanya kemudahan tersebut, justru banyak investor pemula yang menjadi tidak bijak dalam menggunakan modalnya. Perlu kamu ketahui, keuntungan yang akan didapatkan itu sebenarnya berbanding lurus dengan modal yang dikeluarkan.

Maka dari itu, kamu harus menggunakan modal secara bijak dengan berinvestasi sesuai kapasitas. Pada intinya, kamu jangan sampai kebablasan dalam mengeluarkan modal.

4. Mulai Membeli Saham Ketika Harganya Rendah

Seperti halnya membeli sebuah produk, dimana cara bermain saham bagi pemula juga harus mengedepankan konsep “belilah saham ketika harganya turun”. Meski demikian, teori ini bukan berarti bahwa kamu bisa membeli saham tanpa pemikiran yang matang. Mengapa demikian?

Pasalnya, penurunan harga saham juga bisa menjadi pertanda yang kurang bagus. Dengan kata lain, kamu jangan langsung memutuskan untuk membeli saham meski harganya sedang turun.

5. Memilih Perusahaan Pebankan

Disarankan bagi para investor pemula untuk membeli saham dari perusahaan perbankan maupun industri barang konsumsi. Ya, sebab perusahaan tersebut senantiasa bertransaksi dengan masyarakat, sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang lebih stabil atau bahkan bisa meningkat pada setiap tahunnya.

Alhasil, nilai saham yang telah kamu investaskan akan aman. Menariknya lagi, ketika harga saham sedang menurun pun tidak akan terlalu terpengaruh karena bisa bangkit kembali dalam jangka waktu yang cukup singkat.

6. Incar Perusahaan yang Keuangannya Stabil

Tips berikutnya yang harus dilakukan investor pemula dalam bermain saham, yakni mengincar perusahaan yang keuangannya stabil. Dalam hal ini, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dulu dengan memahami seluk beluk dari perusahaan yang besangkutan.

Jadi, kamu jangan pernah ragu untuk meluangkan waktu lebih banyak lagi guna melakukan seleksi terhadap setiap perusahaan. Selain itu, pastikan juga bahwa perusahaan yang kamu pilih harus bagus untuk meninimalisir kerugian.

 

Berita Lainnya

Index